Kebun Binatang Bandung sudah aman dikunjungi masyarakat

user
Muhammad Hasits 20 Mei 2016, 08:08 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kebun Binatang Bandung saat ini sudah aman untuk dikunjungi oleh masyarakat. Berdasarkan  pemeriksaan tim dokter hewan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jabar, Persatuan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI) dan Kebun Binatang Bandung, kondisi kesehatan hewan di Kebun Binatang Bandung secara umum tidak ada masalah. Hanya saja pihak pengelola harus melakukan perbaikan tehadap sarana dan prasaranya terutama kandang hewan.

Sekjen PKSBSI Tony Sumampauw menuturkan, pemeriksaan terhadap sejumlah satwa di Kebun Binatang Bandung telah dilakukan sejak Senin (16/5) lalu. Dari hasil pemeriksaan tersebut kondisi kesehatan hewan tidak ada masalah, sehingga aman untuk dikunjungi.

"Pada umumnya dari sisi kesehatan tidak ada masalah kebun binatang ini. Tidak menakutkan untuk bisa menularkan kepada pengunjug," ujar Tony kepada wartawan di Kebun Binatang Bandung, Kamis (19/5).

Namun demikian, kata Tony Kebun Binatang Bandung harus tetap melakukan perbaikan terhadap sarana dan prasarananya terutama kandang hewannya. Sebab dari pemantauan di lapangan, kondisi sebagian kandang dinilai sudah tidak layak.

"Kandang gajah atapnya kan bisa kita lihat kan nggak ada peneduh hujannya. Sehingga kalau hujan kehujanan. Kandang rusa juga. Ada beberapa kandang lah," katanya

Menurut Tony kondisi inilah yang menjadi penyebab kondisi kesehatan hewan di Kebun Binatang Bandung menurun. "Karena akibat becek kelembabannya tinggi jadi permasalahannya banyak apakah paru-paru, kakinya kerendam air terus terutama zebra dan lainnya," ucap Tony.

Untuk itu pihaknya sudah meminta kepada pihak pengelola untuk segera memperbaiki sarana dan prasarana yang rusak.

"Kita bersama tim dokter membantu mengecek kesehatan hewan dan tim dari Kebun Binatang Bandung harus sadar diri memperbaiki sarana kandang yang banyak sudah tidak layak lagi dan itu menjadi bagian semua kerja sama. Kita bersama supaya kebun binatang ini menjadi yang jaya lagi. Kami usahakan tiga bulan memenuhi kriteria kandang itu harus sudah selesai," ungkapnya.

Kredit

Bagikan