Masyarakat Jabar diminta matikan listrik minimal satu jam setiap hari

user
Farah Fuadona 20 Maret 2016, 17:30 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar meminta masyarakat Jawa Barat untuk menjalankan kebiasaan baru, yakni mematikan lampu dan peralatan elektronik minimal satu jam setiap hari pada jam kerja.
 
“Saya berpesan kepada seluruh masyarakat Jawa Barat untuk, satu, mematikan lampu dan seluruh peralatan elektronik yang tidak digunakan minimal satu jam setiap hari,” kata Deddy, melalui siaran pers yang diterima Merdeka Bandung, Minggu (20/3).
 
Pesan tersebut disampaikan terkait Earth Hour Tingkat Provinsi Jawa Barat di Halaman Gedung Sate Sabtu, Bandung, (19/3) malam.
 
Pesan kedua, kata Deddy, masyarakat harus mulai mengganti lampu dengan lampu yang hemat energi. “Kemudian yang ketiga, menyebarluaskan berbagai informasi tentang penghematan energi melalui jejaring sosial yang dimiliki,” ujarnya.
 
Ia mengklaim, Earth Hour di Jawa Barat tiap tahunnya menghemat listrik sangat besar. Pada 2012, Earth Hour menghemat listrik sekitar 60 Mega Watt (MW), pada 2013 sebesar 70 (MW), pada 2014 dan 2015 sebesar 80 (MW).

Ia berharap penghematan listrik terkait pelaksanaan Earth Hour tahun ini akan semakin besar dan meluas dilakukan seluruh lapisan masyarakat Jawa Barat. Ia juga mengajak masyarakat dan dunia usaha di Jawa Barat untuk berpartisipasi mengikuti tiga pesan yang disampaikannya terkait kampanye Earth Hour.

“Kita juga harapkan pelaku bisnis seperti developer untuk menghimbau para penghuni di kawasannya untuk melakukan kegiatan Earth Hour ini. Barang kali di kawasan industri yang begitu banyak energi listrik juga melakukan kegiatan yang sama. Saya kira ini akan lebih besar efisiensinya dibandingkan tahun-tahun yang lalu,” paparnya.
 
Ia menyebutkan, pelaksanaan Earth Hour 2016 diikuti serentak oleh 13 Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Menurutnya, Earth Hour bukan sekedar mematikan lampu dan peralatan elektronik selama satu jam. Earth Hour sebagai simbol bahwa tindakan sederhana yang dilakukan seseorang berdampak sangat besar bagi perbaikan lingkungan jika dilakukan bersama-sama.

Kredit

Bagikan