Badan Wakaf Salman ITB Gelontorkan Dana Untuk Perluasan Masjid Lautze 2

user
Endang Saputra 12 Juli 2019, 15:35 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Badan Wakaf Salman ITB menggelontorkan dana sebesar Rp 150juta untuk perluasan Masjid Lautze 2 di Jalan Tamblong, Jumat (12/7).

Direktur Badan Wakaf Salman ITB, Muhammad Khirzan Nazar Noe'man mengatakan, Rp 150juta dana wakaf yang diberikan ini merupakan tahap awal.

"Tahap pertama karena baru terkumpul. Kami berkomitmen Rp 500juta sebenarnya. Cuma kami serahkan dulu yang sudah terkumpul," ujar Khirzan kepada Merdeka Bandung, Jumat (12/7).

Ia menjelaskan, total dana wakaf Rp 500juta itu akan diberikan secepatnya bisa telah terkumpul. Tak ada target kapan dana bisa terkumpul.

Luas Masjid Lautze 2 ini hanya sekitar tujuh kali enam meter. Meskipun sudah direnovasi sebanyak tiga kali pada tahun 2004, 2007, dan 2012, luas Masjid Lautze 2 ini tidak mengalami perubahan yang signifikan.

Untuk itu, pada tahun 2012 digagaslah sebuah program untuk perluasan Masjid Lautze 2 tersebut. Salah satu kerja sama yang terjalin yaitu dengan Badan Wakaf Salman ITB.

Adapun dana yang di perlukan untuk perluasan tanah tersebut sekitar 1,5 Milyar Rupiah (1 Milyar biaya pembebasan lahan dan 500 juta biaya renovasi).

Lahan sekitar Masjid Lautze 2 yang akan dibebaskan kurang lebih seluas 270 meter persegi, dari luas tanah yang ada.

"Dengan adanya kerjasama ini, kami harapkan kebutuhan akan ketersediaan fasilitas bagi jamaah sekitar Tamblong akan terpenuhi," jelas dia.

Sementara itu, Pembina Yayasan Masjid Lautze 2, Hernawan mengatakan, kerjasama antara Masjid Lautze 2 dengan YPM Salman ITB ini sudah terjalin cukup lama.

"Sudah cukup lama, khususnya dalam pembinaan para mualaf. Pembangunan dan perluasan tanah ini dimaksudkan untuk menunjang fasilitas ibadah dari pada masyarakat sekitar terutama sebagai tempat pembinaan dari pada mualaf sendiri," jelas Hernawan.

Meski memiliki ukuran yang tidak cukup luas, namun setiap hari Jum’at Masjid Lautze 2 dapat menampung sekitar 600 hingga 700 jamaah.

Karena banyaknya jamaah yang hadir dan tidak terfasilitasi di dalam Masjid, sehingga jamaah lainnya harus melakukan ibadah di jalan sekitar Masjid Lautze 2.

Setiap pekannya, masjid ini digunakan sebagai pembinaan puluhan para mualaf. Sampai saat ini ada sekitar 370 orang mualaf yang dibina langsung dan angka ini akan terus bertambah.

Masjid Lautze 2 juga ramai dengan kegiatan pembinaan pengajian anak – anak ataupun dewasa, Sehingga Masjid Lautze ini seringkali menjadi sentral aktifitas ibadah di daerah Tamblong.

Kredit

Bagikan