Pasangan Nurul-Ruli akan ajak warga Bandung 'keliling dunia' lewat teknologi VR

user
Endang Saputra 26 April 2018, 11:00 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Berbagai program ditawarkan para paslon di Pilwalkot Bandung untuk membuat warganya lebih bahagia. Salah satunya pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat (Ruli) yang memiliki ide untuk melengkapi sejumlah taman di Bandung dengan perangkat elektronik virtual reality (VR). Pasangan nomor urut satu itu, ingin mengajak warga berkeliling dunia melalui teknologi VR.

"Saya suka dengan semangat Kang Emil untuk menyediakan kolam cetek bagi mereka yang selama ini tidak mampu membayar tiket ke wahana air atau waterboom. Lebih jauh lagi, saya ingin bawa warga Bandung ke 'luar negeri', meskipun cukup mendatangi salah satu taman di Bandung," ujar Ruli dalam rilis yang diterima Merdeka Bandung, Rabu (25/4).

Perangkat VR sudah lama dikenal dunia teknologi. Alat ini hanya berupa kotak dengan terdapat slot bagi telepon pintar segala ukuran. Di dalam kotak itu terdapat kaca cembung yang membuat penggunanya serasa menghuni bioskop pribadi. Jenis videonya pun khusus. Hanya kamera dengan fungsi 360 derajat yang bisa menyajikan gambar bergerak nyata di dalam VR. Saat ini, videonya telah banyak tersedia. Kebanyakan video berisi wahana roller coaster atau wahana menegangkan lainnya.

Dengan teknologi VR, pengguna akan dibawa ke suasana nyata wahana tersebut. Selain roller coaster, video khusus VR juga banyak tersedia mengenai pemandangan alam dan suasana kota di belahan dunia lain. Posisi terbaik pengambil gambar 360 derajat akan membawa larut penggunanya dalam pengalaman baru yang unik dan mengagumkan.

"Ini teknologi sudah lama. Makanya harganya murah, ada yang di bawah Rp 100 ribu. Terus pakai handphone smartphone murah juga bagus. Saya pikir untuk ukuran pos anggaran dinas pertamanan mah kecil, lah. Tetapi sensasinya, warga bisa benar-benar ngerasa di Mekah, Paris, Roma, banyak deh. Pokoknya seru," ungkapnya.

Dalam praktiknya nanti, kata Ruli, area VR akan disebar di taman-taman. VR dan handphone yang terpasang di kepala, tanpa memerlukan kabel bisa membuat penggunanya leluasa bergerak mengikuti sensasi video yang ditayangkan.

"Tinggal nanti dicari sistem antreannya yang disesuaikan dengan durasi video. Jadi siapapun bisa pakai," ucapnya.

Ruli menambahkan, ke depan akan ada banyak hiburan baru bagi warga Bandung jika ia dan Nurul terpilih sebagai pemimpin Kota Bandung. Hiburan menjadi program khusus yang dibangun untuk masyarakat supaya menjadi pengalaman baru untuk berbahagia di Kota Bandung.

"Tentunya program utama kami meningkatkan kesejahteraan masyarakat dulu. Nah, untuk mencairkan suasana antar warga agar lebih harmonis, lebih bahagia, bisa setara dengan masyarakat menengah ke atas, kita hadirkan sesuatu yang bisa membuat mereka lebih bersemangat dalam hidup ini," katanya.

Kredit

Bagikan