Pemuda Muhammadiyah Bantu Amankan Pemilu di Jawa Barat

user
Endang Saputra 16 April 2019, 19:06 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pemuda Muhammadiyah Jawa Barat akan menurunkan puluhan ribu pasukan untuk mengawal pengamanan pelaksanaan Pemilu di Jawa Barat. Pasukan yang tergabung dalam Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Jabar ini akan membantu pihak keamanan menjaga jalannya pesta demokrasi.

Hal itu diungkapkan Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jawa Barat Iu Rusliana, Selasa (16/4).

"Sebanyak 10 ribu pasukan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Jabar siap membantu pengamanan bilamana diperlukan,"kata Iu kepada wartawan di kawasan Jalan LL.RE Martadinata.

Dia mengatakan Muhammadiyah turut berperan aktif mengawal Pemilu 2019. Mereka akan menjaga masing-masing wilayahnya di tiap-tiap wilayah di seluruh kabupaten kota.

"Ini sifatnya kondisional dan ditujukan untuk menjaga kondusifitas di lingkungan masing-masing," katanya.

Namun demikian, Iu mengungkapkan, pasukan ini bukanlah sebuah bentuk gerakan pengerahan massa. Menurut Iu, ini sifatnya membantu pihak keamanan di hari pencoblosan besok.

"KOKAM siap membantu pengamanan bilamana diperlukan," ungkapnya

Dia pun mengimbau kepada semua komponen bangsa,khususnya masyarakat Jawa Barat untuk dengan tenang dan aman mendatangi TPS masing-masing, menunaikan hak pilih dengan prinsip langsung, umum, bebas dan rahasia dengan penuh tanggungjawab.

"Bilamana ada kelompok masyarakat yang melakukan intimidasi, segeralah lapor ke pihak berwajib (Kepolisian) di daerah masing-masing," pungkasnya.

Kredit

Bagikan