Ruli sebut ketua RW punya peran sentral dalam pembangunan sebuah kota

user
Endang Saputra 29 Maret 2018, 18:35 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Calon Wakil Wali Kota Bansung nomor urut 1, Chairul Yaqin Hidayat mengatakan bahwa para RW memiliki peran penting dalam pembangunan sebuah kota. Pria yang akrab disapa Ruli ini menyebut jika ketua RW yang sebenarnya lebih tahu mengenai persoalan yang ada di tingkat kewilayahan.

Hal itu disampaikan Ruli di sela kegiatan kampanye di Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung, Kamis (29/3).

"Karena RW yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan warga, yang paling tahu dengan warga cara penanganannya seperti apa. Dan RW adalah kepanjangaan tangan sebuah pemerintahan di tingkat grasroots (akar rumput)," ujar Ruli.

Karena perannya yang begitu sentral, Ruli mengaku bila diberi amanah memimpin Bandung salah satu kegiatan pertama yang dilakukan adalah mengumpulkan seluruh ketua RW di Kota Bandung. Seperti diketahui bahwa saat ini ada 1584 RW di Kota Bandung.

"Kalau jadi kerja di Pemkot hari awal berkumpul dengan para RW, dan identifikasi masalah yang paling mendesak, dan akan kita lakukan percepatan dalam action di lapangan," kata dia.

Ruli mengungkapkan bahwa persoalan sanitasi dan air bersih masih menjadi persoalan di pemukiman padat penduduk. Sehingga perlu peran ketua RW agar persoalan tersebut dapat segera tertangani.

"MCK, sanitasi saya kira harus dibenahi. Saya menghindari kata kawasan kumuh, lebih baik kita gunakan kampung kota. Saya ingin menata kawasan padat menjadi sebuah perkampungan kota yang kehidupanya layak. Sanitasi baik, MCK layak, dan menjadi ciri khas seperti di brazil, wilayah padat bisa dikunjungi bahkan di beberapa wilayhnya jadi kampung-kampung kreatif dan bisa dikunjungi juga oleh wisatawan," katanya.

Kredit

Bagikan