Cawawalkot Yana Mulyana ingin tata ulang Pasar Buku Palasari

user
Endang Saputra 29 Maret 2018, 16:55 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Calon wakil wali kota Bandung nomor urut 3, Yana Mulyana melakukan kunjungan ke pasar buku Palasari, Jalan Palasari, Kota Bandung, Kamis (29/3). Yana sempat berkeliling ke kios-kios penjual buku dan berinteraksi dengan para pedagang.

Yana mengatakan ingin melakukan penataan ulang terhadap pasar Palasari. Dengan adanya penataan, dapat menarik para pengunjung untuk berkunjung ke Palasari.

"Perlu ditata ulang tampilannya supaya lebih menarik dan mampu menyedot minat para pengunjung," ujar Yana kepada wartawan di lokasi.

Selain dari sisi pembenahan infrastruktur kata Yana, dirinya juga akan mendorong para pedagang‎ agar bisa berhimpun dalam koperasi. Dengan begitu mampu membantu pengelolaan dalam hal finalsial guna menggulirkan usaha penjualan buku berjalan lancar.

Yana mengatakan, pemerintah harus memberikan banyak keberpihakan kepada para pedagang pasar di tengah arus digitalisasi. Sehingga keberadaan pasar buku dapat tetap eksis.

"Peran buku kertas tidak tergantikan sepenuhnya oleh buku digital,"‎ katanya

Bila diberikan amanah untuk memimpin Bandung, Yana akan memberikan subsidi untuk penerbitan buku baru agar harga jualnya bisa lebih terjangkau. Tentunya melalui mekanisme penjaringan perihal kualitas konten buku tersebut.

Dia menambahkan, sebagai minat untuk pemasaran juga harus difasilitasi banyak pameran buku, yang disertai juga dengan pemberian penghargaan bagi penulis.

"Strategi penguatan bursa buku adalah melalui subsidi harga buku baru, kerjasama penerbitan dengan IKAPI penyelenggaraan even-even budaya baca, dan reward bagi penulis terproduktif atau terlaris," katanya.

Kredit

Bagikan