Sepasang bayi Harimau Benggala jadi penghuni Kebun Binatang Bandung

user
Farah Fuadona 02 Agustus 2017, 11:21 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kabar gembira datang dari Kebun Binatang Bandung. Harimau benggala bernama Shilla resmi menjadi ibu setelah pada 25 Juni 2017 lalu melahirkan sepasang bayi harimau yang hingga saat ini masih belum diberikan nama.

Setelah menjalani proses kehamilan selama 111 hari, Shilla melahirkan secara normal tanpa adanya bantuan tim medis. Saat ini baik induk dan anaknya berada dalam kondisi sehat.

Kepala Divisi Konservasi Kebun Binatang Bandung, Dedi Trisasongko mengatakan, ini merupakan kali pertama harimau yang dibawa dari Maharani Zoo Lamongan itu melahirkan. Shilla dikawinkan dengan Shahru Khan, harimau jantan milik Kebun Binatang Bandung.

"Dalam program breeding loan yang dilakukan, ini pertama kalinya Shilla melahirkan," ujar Dedi kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Kebun Binatang Bandung, Rabu (2/8).

Sepasang bayi Harimau Benggala di KBB
© 2017 merdeka.com/Astri Agustina

Saat ini, bayi harimau benggala yang sudah berusia 39 hari itu tumbuh dengan sehat. Untuk bayi laki-laki memiliki bobot 4,5 kilogram, sedangkan bayi betina memiliki bobot 4,9 kilogram. Keduanya masih menjalani proses menyusui pada induknya.

"Kalau binatang ini tidak ada bobot lahir karena kami tidak bisa langsung menimbang soalnya kalau langsung kami pegang biasanya induk dari harimau ini tidak mau menyusui lagi. Jadi setelah satu bulan ini mereka menyusui secara eksklusif baru bisa kami pegang," jelasnya.

Setelah usia satu bulan, kedua bayi harimau ini menjalani proses menjemur setiap pagi selama satu jam sebagai masa pertumbuhan.

Dipaparkan oleh Dedi, dengan adanya kelahiran dari binatang pada sebuah kebun binatang itu menunjukkan bahwa adanya keberhasilan. Di mana program breeding loan ini berhasil membuahkan keturunan yang sehat.

"Karena Shilla merupakan binatang dari Lamongan, sesuai perjanjian setelah tiga tahun di sini akan dikembalikan ke kandangnya di sana. Begitu pun dengan anaknya akan dibagi dua, untuk mana yang akan diberikan kepada kebun binatang Maharani Zoo, masih belum ditentukan," kata dia.

Saat ini tim medis dari Kebun Binatang Bandung tengah fokus mengurus sepasang bayi harimau India itu. Bayi harimau masih menjalani proses menyusui selama sekitar dua bulan atau kurang, kemudian diberikan makanan.

Kredit

Bagikan