Diminta datang ke Kebun Binatang Bandung, begini jawaban Ridwan Kamil

user
Farah Fuadona 19 Januari 2017, 18:06 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan akan datang untuk melihat kondisi Kebun Binatang Bandung pasca mencuatnya kasus salah satu koleksi beruang madu yang menjadi sorotan berbagai pihak. Hal ini sekaligus untuk menjawab pernyataan Humas Kebun Binatang Bandung yang meminta Ridwan untuk datang ke bonbin Bandung untuk melihat secara langsung.

"Ya nanti tinggal cari waktunya aja," ujar Ridwan kepada wartawan saat ditemui di Mall Bandung Indah Plaza, Jalan Merdeka, Kamis (19/1).

Pria yang akrab disapa Emil ini kembali menegaskan bahwa Pemkot Bandung tidak memiliki kapasitas untuk melakukan pembenahan di Bonbin Bandung. Emil mengaku pihaknya hanya memiliki kapasitas sebatas menyampaikan dan mengirim surat teguran.

"Hanya sebatas itu aja. Tapi kalau pertanyaannya hanya teknis mengenai aspek hukum, perizinan, operasional, kelayakan, itu ada di BKSDA Kementerian Lingkungan Hidup," katanya.

Emil pun berharap Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) dapat segera turun tangan untuk mengatasi persoalan tersebut. Sebab persoalan ini juga menyangkut nama baik Indonesia di dunia internasional

"Jadi saya berharap Kementerian LHK segera turun karena nama baik Indonesia juga dipertaruhkan dengan cepat tidaknya tindakan dari Kementerian LHK terkait permasalahan bonbin yang berkali-kali," kata wali kota.

Menurut Emil, walaupun dari observasi di lapangan sudah ada perbaikan, namun untuk menilai perbaikan tersebut telah memadai atau tidak  harus ada penilaian profesional dari Kementerian LHK.

"Nah penilaian profesional itu yang melakukan adalah kementerian LHK. Bahwa nanti ada rekomendasi dikembalikan ke habitatnya, ke Balikpapan seperti tawaran wali kota (Wali Kota Balikpapan) ya pada dasarnya atas nama peri kebinatangan lebih baik di alam bebas. Jadi tidak dikurung, karena konsep kebun binatang kan lebih ke alami seperti taman safari, itu yang betul," ujar dia.

Seperti diberitakan, Humas Kebun Binatang Bandung (KBB) Sudaryo mengundang Wali Kota Bandung Ridwan Kamil datang langsung ke Kebun Binatang untuk melihat kondisi secara langsung. Dia meminta wali kota jangan hanya berkomentar, tetapi melihat kondisi secara langsung di lapangan.

Hal ini diungkapkan Sudaryo menanggapi pernyataan Ridwan Kamil terkait kondisi Kebun Binatang Bandung yang dinilai mengecewakan dan telah membawa buruk nama baik Bandung di mata internasional.

Kredit

Bagikan