Penumpang bus diprediksi naik 5 persen pada Libur Natal dan Tahun Baru

user
Muhammad Hasits 21 Desember 2016, 12:07 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Jelang libur Natal dan Tahun Baru, penumpang yang menggunakan kendaraan umum berupa bus diprediksi naik lima persen dari tahun sebelumnya. Jumlah yang seliweran di dua terminal berbeda yakni Cicaheum dan Leuwipanjang Kota Bandung diperkirakan mencapai 272.090 penumpang.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Angkutan dan Terminal Dinas Perhubungan Kota Bandung Yosep Heryansyah usai mengikuti rapat koordinasi lintas sektoral, Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2017, di Mapolrestabes Bandung, Rabu (21/12).

"Prediksi 22.1090 orang untuk libur Natal dan Tahun Baru ini dari Terminal Leuwipanjang. Sedangkan dari Cicaheum sebanyak 51.000 penumpang. Ini diprediksi kenaikan mencapai lima persen," kata Yosep.

Keberangkatan dan kepulangan dari dua terminal berbeda itu kata dia, tersedia 700 bus dari Leuwipanjang. Adapun sebanyak 238 untuk melayani penumpang dari terminal Cicaheum yang disediakan Dishub Kota Bandung.

Menurutnya Terminal Cicaheum biasanya melayani penumpang yang akan bertolak menuju arah timur. "Biasanya ke Tasikmalaya, Pangandaran, bahkan sampai Jawa Tengah," ungkapnya.

Sedangkan Terminal Leuwipanjang akan melayani penumpang yang bertolak ke arah barat. "Kalau yang ke barat biasanya ke Bekasi, Jakarta, Bogor, Tangerang," imbuhnya.

Dia menyatakan, seluruh kendaraan yang beroperasional sudah laik jalan. Pemeriksaan sudah dilakukan melalui beberapa tahap. "Pokonya kendaraan yang ngangkut penumpang harus siap secara administrasi dan fisik," tegasnya.

Kredit

Bagikan