Ridwan Kamil lobi kontraktor agar pembangunan sky walk tak tutup jalan

user
Muhammad Hasits 07 November 2016, 18:46 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menegaskan bahwa Jalan Cihampelas yang menjadi lokasi pembangunan proyek skywalk belum akan dilakukan penutupan. Pria yang akrab disapa Emil ini akan memanggil pihak kontraktor terlebih dahulu terkait alasan penutupan tersebut.

"Belum ditutup karena kontraktor mau Saya panggil malam ini untuk memaparkan alasan penutupan, kenapa harus  membutuhkan siang hari juga," ujar Emil kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (7/11).

Emil berharap, pengerjaan skywalk di Jalan Cihampelas tidak sampai dilakukan penutupan pada siang hari. Mengingat akan banyak dampak yang ditimbulkan dari penutupan jalan bila dilakukan pada siang hari. Apalagi Jalan Cihampelas selain merupakan kawasan padat kendaraan, juga merupakan kawasan ekonomi yang menjadi tujuan masyarakat.

"Kan selama ini Saya izinkan hanya malam hari, supaya tidak mengganggu ekonomi. Tapi dia (kontraktor) bilang waktunya  tidak memungkinkan, tapi saya belum ambil keputusan  dulu. Harapan saya mah siang tetep jalan. Jadi untuk warga tunggu keputusan finalnya lusa," katanya.

Untuk itu, kata Emil, informasi beredar yang menyebut bahwa Jalan Cihampelas akan dilakukan penutupan dari  mulai 6 November sampai 16 November mendatang dari pukul 8.00-17.00 dan pukul 22.00-5.00 belum berlaku. Keputusan akan diambil setelah pertemuan dengan pihak kontraktor dilakukan.

"Ya tunggu keputusan resmi saja. Nah karena malam ini mau dipanggil berati besok diumumkan. Jadi itu (informasi yang beredar) belum berlaku," ujarnya.

Seperti diketahui, dari informasi yang beredar di media sosial dan pesan berantai  menyebutkan bahwa Jalan Cihampelas Kota Bandung akan ditutup selama pengerjaan konstruksi baja proyek skywalk. Penutupan dilaksanakan mulai 6 November sampai 16 November mendatang. Penutupan jalan dilakukan mulai pukul 8.00-17.00 dan pukul 22.00-5.00 WIB.

Selama penutupan jalan tersebut, masyarakat diminta untuk mengunakan jalan alternatif yakni melalui Jalan Lamping, Jalan Bocsha, Jalan Sampurna, Jalan Sejahtera, Jalan Makmur, dan Jalan Prof Eyckman.

Jalan alternatif yang kedua yakni melalui Jalan Bapa Husein, Jalan Boscha, Jalan Sampurna, Jalan Sejahtera, Jalan Makmur, dan Jalan Prof Eyckman.

Pemkot Bandung saat ini sedang membangun sky walk  di jalam Cihampelas. Skywalk ini memiliki panjang  500 meter yang terbentang dari depan RS Advent hingga depan Hotel Promenade Cihampelas.

Skywalk utamanya merupakan jalur pedestrian bagi pejalan kaki. Selain menjadi jalur pesestrian, skywalk juga akan menjadi tempat bagi pedagang kaki lima (PKL) yang biasa berjualan di Jalan Cihampelas. Pengerjaan proyek skywalk ditargetkan rampung Desember 2016. Adapun besaran anggaran untuk pembangunan sky walk ini sebesar Rp 45 miliar yang berasal dari APBD.

Kredit

Bagikan