Atasi masalah lingkungan, penanaman pohon saja tidak cukup

user
Muhammad Hasits 07 Oktober 2016, 14:03 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Penanaman pohon untuk kelestarian lingkungan penting dilakukan. Namun penanaman pohon tanpa diikuti pemeliharaan akan menjadi hal percuma.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengklaim, sejak 2009 pihaknya sudah menjalankan inovasi penanaman pohon dan pemeliharaannya yang diterapkan di Jawa Barat.

Inovasi itu diberi judul Penanaman dan Pemeliharaan Pohon Provinsi Jawa Barat Tahun 2009-2015. Ia menyebut inovasi ini sudah mencapai luas 1.819 hektare, antara lain di Kecamatan Pusaka Nagara, Kabupaten Subang, Kecamatan Pasekan dan Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu.

Menurutnya, penanaman pohon tidak lepas dari pemeliharaan. "Kenapa penanaman dan pemeliharaan? Supaya kata pemeliharaan itu menjadi kata yang tidak terpisahkan dari penanaman," ungkap Aher melalui siaran pers yang diterima Merdeka Bandung, Jumat (7/10).

“Kalau menanam saja kemudian dibiarkan, itulah persoalan yang sering kali kita hadapi. Tapi kalau ada keduanya, Insya Allah pemeliharaan tersebut menjamin bahwa penanamannya berhasil sampai tumbuh dan besar,” tambah dia.

Inovasi tersebut disampaikan dalam presentasinya di hadapan pihak Tim Penilai Lomba Penanaman Pohon Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Gedung Sate, Bandung, baru-baru ini.

Ia mengungkapkan, inovasi tersebut memakai prinsip TTAB (Tanam - Tumbuh - Aman - Bayar), yakni penanaman dengan pola swadaya insentif. “Pola Penanaman ini dilakukan pada kawasan Mangrove dengan biaya insentif Rp 3.500/batang. Dengan pola TTAB yang dipelihara sampai tahun ke-2, pemeliharaan diberikan secara insentif sebesar 20% pada tahun pertama, dan 10% tahun kedua,” kata dia.

Insentif, sambung dia, diberikan melalui kontrak langsung dengan masyarakat. Sedangkan bibit disediakan pula oleh masyarakat. “Proses penanaman serta pemeliharaannya juga dilakukan sendiri oleh masyarakat,” ujarnya.

Direktur Kesatuan Pemangkuan Hutan Lindung Kementerian LHK Herudoyo Ciptono mengapresiasi program penanaman pohon tersebut. "Ini hal yang bagus dan banyak yang sudah dilakukan dalam inovasi-inovasi itu dan kami apresiasi yang itu, Tanam - Tumbuh - Aman - Bayar atau TTAB. Itu memang kayaknya hanya ada di Jawa Barat," ujarnya.

Kredit

Bagikan