800 Ikan koi berkompetisi di One Day Koi Show

user
Farah Fuadona 01 Mei 2016, 12:26 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kompetisi ikan koi kembali digelar untuk ke 16 kalinya. Hajatan bertajuk "One Day Koi Show 2016" yang diselenggarakan oleh Zenn Nippon Airinkai (ZNA) chapter Bandung ini diikuti oleh 800 ikan yang akan beraksi. Bertempat di Gedung Serbaguna Setraduta, gelaran kompetisi ke 16 ZNA tersebut akan memperlombakan tiga kelas berbeda serta ukuran yang diperlombakan.

Ketua Show "One Day Koi Show 2016", Benny Gunawan menjabarkan, soal peserta keseluruhan ia menargetkan sebanyak 800 ekor koi. "Tiap peserta diperbolehkan mengikutsertakan sebanyak mungkin ikannya di tiga kelas," ujar Benny kepada Merdeka Bandung, Sabtu (14/5).

Perihal penjurian, kata dia, masih sama dengan tahun sebelumnya. Kompetisi kali ini juga melibatkan juri handal dan berkompeten dari Jepang. Juri yang dilibatkan dalam kompetisi, kata dia, berasal dari Jepang. Mereka di antaranya Wada Suguru (Wada Koi Farm), Naoto Kobayashi (Kobayashi Koi Farm) dan Hiroshi Toyama (Koi-Loba Farm Japan).

"Sesuai dengan perhitungan yang sudah dilakukan juri akhirnya diputuskan tiga kelas yang akan diperlombakaan. Tadinya kami inginkan empat kelas," paparnya.

Ketiga kelas itu adalah inovasi dari ZNA chapter Bandung. Sebab, untuk kompetisi koi di Jepang saja, selama ini hannya mempertandingkan dua kelas berbeda.  "Lebih maksimal, dan memberikan kesempatan kepada brider (peternak) lokal untuk ikut berkompetisi," ucap dia.

Untuk yang dilombakan kriterianya adalah mini champion (0-15 centimeter) dan baby champion (16-25 centimeter) umumnya, berasal dari brider lokal. Sementara di ukuran junior champion diisi (26-30 dan 31-35 centimeter). Kemudian, young champion (36-40 da 41-45 centimeter). Terakhir berada di grand champion di ukuran 46 hingga 50 dan 51 hingga 55 centimeter.

Kredit

Bagikan