Ini manfaat cangkang telur yang tidak dipikirkan banyak orang

Oleh Mohammad Taufik pada 20 Januari 2016, 06:07 WIB

Bandung.merdeka.com - Mayoritas orang suka dan pernah makan telur ayam. Telur mengandung protein berkualitas tinggi yang sangat dibutuhkan dan mudah sekali dijangkau manusia. Selain itu, beberapa penelitian juga menyebut telur memang penting untuk memperkuat otot dan otak. Meskipun, di sisi lain ada peringatan telur tidak ramah bagi penderita kolesterol tinggi.

Fakta unik yang tidak banyak diketahui orang tentang telur adalah, ternyata cangkang telur didesain oleh Tuhan sangat unik dan keren. Cangkang sebagai pembungkus telur ternyata juga memiliki banyak manfaat buat manusia. Cangkang bisa didaur ulang menjadi berbagai macam bentuk produk.

Penasaran? Berikut ini manfaat cangkang buat manusia seperti dikutip dari www.goodhousekeeping.com:

Sebagai masker

Tumbuk cangkang telur sampai halus, lalu campur dengan putih telur. Selanjutnya oleskan pada wajah anda sebagai masker. Biarkan beberapa lama sampai mengering sebelum mencuci wajah. Cangkang telur bisa membersihkan kulit, mengangkat kulit mati, hingga membuat wajah anda kinclong dan muda.

Bagus untuk membersihkan kerak panci

Kulit telur juga bagus digunakan untuk membersihkan panci dan wajan. Bila anda mengalami kesulitan membersihkan kotoran panci dan wajan, coba pakai saja cangkang telur yang ditumbuk halus kemudian dicampur dengan sedikit sabun colek berbagai jenis. Gosok kerak panci dan wajan tadi sampai bersih.

Sebagai kompos

Kulit telur kaya akan kalsium dan mineral yang sangat membantu petumbuhan tanaman di kebun atau taman. Anda cukup menghancurkan cangkang telur menjadi potongan-potongan kecil dan menggunakannya sebagai kompos.

Sebagai tempat pembibitan

Kosongi cangkang telur, bersihkan bagian dalamnya lalu lubangi sedikit sebagai saluran air. Cangkang telur ini akan digunakan sebagai tempat pembibitan biji tanaman. Bila biji sudah tumbuh akarnya, tinggal tanam mereka di tanah.

Bagus untuk makanan anjing

Keringkan cangkang telur di bawah panas 250 derajat, kurang lebih selama 30 menit. Setelah itu masukkan cangkang telur tadi ke dalam plastik dan tumbuk sampai halus. Berikutnya campur bubuk cangkang telur tadi dengan makanan anjing. Cangkang telur ini bagus sebagai suplemen penambah kalsium untuk tulang dan gigi anjing.

Mengusir ulat

Tumbuk cangkang telur sampai halus, lalu taburkan di sekitar tanaman sayuran anda. Fungsinya untuk mengusir herbivora yang hendak memakan sayuran, misanya mengusir siput, ulat, dan rusa. Bau cangkang telur sangat tidak disukai oleh herbivora tersebut.

Mengurangi rasa pahit kopi

Caranya, taburkan cangkang telur yang ditumbuk dengan halus ke dalam kopi Anda. Lalu saring sehingga cangkang yang ditumbuk tadi tidak bercampur dan tertelan. Cangkang telur tadi mengandung kalsium karbonat yang bisa mengurangi tingkat kepahitan kopi.

Tag Terkait