Henki Pertamana, pendonor darah 100 kali tertua dari Bandung

user
Muhammad Hasits 15 Desember 2015, 13:02 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sebanyak 76 warga Bandung yang telah mendonorkan darahnya sebanyak 100 kali berkumpul di Pendopo (rumah dinas Wali Kota Bandung) di Jalan Dalem Kaum, Selasa (15/12). Para pahlawan kemanusiaan ini hendak dilepas oleh Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial untuk menerima penghargaan Satya Lancana kebaktian sosial donor darah sukarela 100 kali tahun 2015 dari Presiden.

Dari 76 penerima calon penerima Satya Lancana ini, Henki Pertamana tercatat menjadi pendonor darah tertua dari Bandung. Pria berusia 71 tahun ini tercatat telah mendonorkan darahnya 100 kali di PMI Bandung.

"Kalau dijumlah sampai sekarang, saya sudah 102 kali donor darah," ujar pria yang berprofesi sebagai seorang dokter ini saat berbincang dengan Merdeka Bandung saat ditemui seusai acara.

Henki menuturkan, dirinya pertama kali mulai mendonorkan darahnya sejak tahun 1970-an. Saat itu Hengki masih menjadi mahasiswa di Fakultas Kedokteran Unpad.

Sejak pertama kali mendonorkan darahnya, justru membuatnya menjadi ketagihan. Sebab tubuhnya menjadi lebih bugar dan sehat. Sejak saat itu Henki menjadi rutin untuk mendonorkan darahnya 4 kali dalam setahun.

"Sudah jadi donor itu enak badannya. Justru kalau kelewat ga donor, malah ga enak badannya. Dari situ terus jadi rutin setiap 3 bulan sekali saya donor darah," kata pria kelahiran Tasikmalaya 15 Agustus 1944 ini.

Henki mengungkapkan secara medis, donor darah memang sangat baik untuk kesehatan. Sebab sumsum tulang dirangsang untuk memproduksi darah baru, yang membuat darah yang ada di dalam tubuh manusia selalu segar.

"Kalau sumsung tulangnya diambil, itu dirangsang untuk membuat darah baru. Jadi segar ke kitanya jadi enak," kata dokter patologi klinik yang berdinas di RS Immanuel Bandung sejak tahun 1987.

Untuk itu Henki mengimbau kepada masyarakat untuk ikut mendonorkan darahnya. Dia meminta masyarakat agar tidak perlu takut untuk mendonorkan darahnya. Sebab dengan melakukan donor darah secara rutin akan membuat tubuh menjadi sehat.

"Iya ga apa apa malah lebih sehat. Cuma kalau sudah 65 tahun ke atas cukup setahun sekali donor darahnya. Saya juga ikut aturan PMI aja," ujarnya.

Pada 17 Desember rombongan Kota Bandung akan bergabung bersama rombongan dari kota-kota lain di Jawa Barat untuk dilepas  oleh  Gubernur Jabar di Gedung Sate.  Selanjutnya rombongan  akan berkumpul dengan peserta lain dari seluruh Indonesia di Istana  Bogor  dalam acara utama penyematan satya lancana kebaktian sosial donor darah sukarela 100 kali tahun 2015 langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Kredit

Bagikan