Final Piala Bhayangkara, 40 ribu bobotoh akan birukan GBK

user
Mohammad Taufik 31 Maret 2016, 19:09 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sedikitnya 40 ribu bobotoh, sebutan pendukung Persib Bandung akan bertolak ke Jakarta menyaksikan final Piala Bhayangkara 2016 di Stadion Gelora Bung Karno, pada Minggu (3/4) nanti. Persib sudah memastikan satu tiket final usai menaklukkan Bali United 1-0 pada laga semifinal.

"Total Bobotoh yang akan berangkat ke GBK dari Jabar sekitar 40 ribu Bobotoh yang akan diangkut sekitar 600 bus," kata Karo Ops Polda Jabar Kombes Pol Muharrom Riyadi di Mapolda Jabar, Bandung, Senin (31/3).

Beberapa titik keberangkatan telah dipersiapkan kepolisian. Langkah itu agar tidak ada Bobotoh yang pergi secara tercecer menuju GBK. Titik kumpul pertama, kata dia, ada di Stadion Singaperbangsa. Bobotoh asal Indramayu, dan Subang bisa berkumpul di sana.

"Diprediksi Bobotoh 700 orang, yang akan menggunakan 15 bus. Dan pengawalan bus oleh personel kepolisian akan diturunkan sebanyak 66 personel serta pengawalan kendaraan patroli lalulintas dan sabhara sebanyak 4 unit kendaraan," ujarnya.

Titik kumpul dua dipusatkan di Wisma Suryo Situ Buleud yang menampung Bobotoh Purwakarta. Jumlahnya diperkirakan mencapai 2.000 Bobotoh dengan 20 bus dan pengawalan personel di bus sebanyak 160 personel.

Selanjutnya Bobotoh dari Cirebon Kota dan Kabupaten akan bergabung dengan dari Majalengka serta Kuningan, yang dipusatkan di rest area KM 102 tol Cipali. Sedangkan untuk Bandung Raya yang diperkirakan mencapai 14.000 akan berkumpul di lapangan Persib.

Titik kumpul lima yang mengakomodir Bobotoh dari Banjar, Ciamis, Tasikmalaya, Garut dan Sumedang, akan ditempatkan di rest area KM 125 Tol Purbaleunyi dengan perkiraan jumlah Bobotoh sebanyak 7.395 orang yang akan menumpangi 148 bus.

"Pengawalan polisi sebanyak 592 personel serta pengawalan kendaraan 15 unit," ungkapnya.

Terakhir, Cianjur, Sukabumi dan Bogor akan ditempatkan di Lapangan Masjid Ciawi. Diperkirakan ada 1.350 Bobotoh dengan menumpangi 27 bus dan pengawalan 108 personel serta pengawalan kendaraan 6 unit.

"Di masing2 bus di siapkan 3 personel dua pengaman terbuka dan satu tertutup. Danper 10 bus itu satu rangkaian. Untuk kawal depan dan belakang," terangnya.

Dia berharap, Bobotoh dalam keberangkatan dan kepulangan dari GBK agar tidak menggunakan atribut kebesaran Persib Bandung. "Kalau sudah tiba di GBK boleh-boleh saja menggunakan atribut. Hal itu demi keamanan. Dan Stadion GBK akan dibuka mulai pukul 13.00 WIB." terangnya.

Sebelum berangkat ke GBK, Lanjutnya, semua Bobotoh akan dilakukan pemeriksaan oleh anggota kepolisian di lapangan. "Saya berharap Bobotoh tidak membawa sajam, laser, fler, miras. Jika ada kedapatan kita akan sita dan Bobotoh tersebut tidak diperbolehkan pergi meskipun sudah memiliki tiket," jelasnya.

Kredit

Bagikan