Revitalisasi taman Pemkot Bandung Gandeng Toyota

user
Farah Fuadona 13 Februari 2016, 18:18 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Taman Lalu Lintas Bandung Ade Irma Suryani yang berada di Jalan Belitung  mulai direvitalisasi. Revitalisasi seluas 3,5 hektar ini ditargetkan rampung dalam waktu enam bulan.

Hal itu terungkap dalam acara groundbreaking proyek revitalisasi Tamab Lalu Lintas Bandung. Hadir dalam acara tersebut Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto dan pengurus yayasan Taman Lalu Lintas Bandung.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Toyota Astra Motor sangat dermawan berbaik hati memberikan bantuan tangung jawab lingkungan Rp 9 miliar untuk mengembangan Taman Lalu Lintas menjadi taman yang canggih dan modern," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di sela acara.

Pria yang akrab disapa Emil ini menuturkan, konsep penataan Taman Lalu Lintas Bandung nantinya akan dibuat lebih modern. Menurut dia Taman Lalu Lintas akan dibuat dengan tema-tema khusus yakni zona pegunungan, zona perkotaan, zona air.

Emil mengungkapkan, pihaknya juga akan mencoba menjajaki kerjasama dengan wali kota Toyota City di Jepang untuk menyumbangkan teknologi transportasi yang selanjutnya akan dihadirkan di Taman Lalu Lintas ini.

"Termasuk saya akan melobi walikota Toyota City untuk menyumbang teknologi yang keren. Salah satunya mobil hydrogen, kendaraan listrik dan lain-lain," kata dia.

Dia menargetkan, revitalisasi Taman Lalu Lintas Bandung dapat selesai dalam jangka waktu 6-9 bulan.

"Kalau selesai 6-9 bulan ini akan menjadi destinasi taman yang paling canggih karena tidak hanya urusan hijau-hujau tetapi semua teknologi lingkungan yang bersifat transportasi akan dihadirkan.

Saya harapkan di tahun ini. Kalau boleh pas ultah Bandung atau Desember," kata Emil.

Untuk pemeliharaan sendiri lanjut dia nantinya akan dikelola oleh pihak yayasan dan Toyota. Namun dia memastikan harga tiket masuk setelah direvitalisasi tetap murah.

"Pemeliharaan komitmen dari toyota dan yayasan. Pemkot lebih ke administrasi. Ditambah akan kita kondisikan apakah ada parkir di dalam dengan sedikit basement," ungkapnya.

Di tempat yang sama Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan konsep dan desain revitalisasi mengacu pada kontur Kota Bandung yaitu nuansa pegunungan seperti Dago dan, Lembang kawasan aliran sungai, Berdasarkan konsep tersebut setelah proyek revitalisasi selesai maka taman ini akan terdiri dari  toga zona yaitu zona pegunungan, zona perkotaan  dan zona air.

Revitalisasi ini lanjut dia tetap memiliki visi untuk menjadi fasilitas pendidikan dini kepada anak mengenai tata tertib  berlalu lintas, baik secara experimental learning dan teori.

Selain itu juga dilengkapi dengan fasilitas rekreasi keluarga dan ruang terbuka hijau sebagai paru-paru di tengah Kota Bandung. Pengunjung nantinya akan dapat memperoleh Pengalaman, pembelajaran atau teori berkendara di daerah perkotaan dan pegunungan

"Kami  juga berencana menambah fasilitas bagi taman taman lalu lintas seperti jogging track, tamab bermain anak san area piknik keluarga. Disamping itu Toyota juga merevitalisasi fasilitas infrastruktir taman antara lain mencakup pebenahan infrastruktur jalam, shuttle bus mushala san sarana kuliner atau kafe," pungkasnya.

Kredit

Bagikan