Komunitas akan rawat dan kelola taman-taman di Bandung

user
Muhammad Hasits 17 Desember 2016, 15:22 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pengelolaan taman dengan konsep satu taman oleh satu komunitas akan mulai diterapkan di Kota Bandung. Taman Hewan atau Pet Park yang berada di Jalan Ciliwung mengawali konsep tersebut. Pet Park nantinya akan dikelola oleh komunitas pecinta binatang.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil seusai meresmikan Paguyuban Pet Park di Jalan Ciliwung, Sabtu (17/12). "Alhamdulillah konsep satu taman dikelola oleh komunitas. Jadi sekarang Pet Park ini tidak harus selalu dikelola oleh Pemkot Bandung, tapi dikelola oleh Paguyuban Pet Park Bandung," ujar Ridwan kepada wartawan seusai acara.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, dengan adanya konsep tersebut juga sebagai wujud komitmen dari komunitas untuk ikut mengelola fasilitas dan menjaga kebersihan  taman.

"Mereka komitmen bikin acara menjaga kebersihan dan inilah contoh bagaimana fasilitas yang disediakan pemerintah bisa dikeloka oleh masyarakat sendiri. Jadi win win lah," katanya.

Bukan tidak mungkin, kata Emil, jika dikelola dengan baik, Pet Park akan menjadi daya tarik wisata di Kota Bandung dengan menampilkan atraksi binatang. "Mudah mudahan ini menjadi atraksi wisata. Kalau acaranya menarik bisa menjadi wisata di akhir pekan dan bisa menarik wisatawan untuk berinteraksi dengan hewan hewan peliharaan, ada burung hantu, ular, anjing dan sebagainya," ungkapnya.

Emil berharap, penerapan konsep satu taman satu komunitas dapat diterapkan di seluruh taman-taman tematik di Kota Bandung. "Iya sama. Jadi di masa depan kota yang baik adalah masyarakatnya ikut memelihara dan menjaga fasilitas publik," ujarnya.

Kredit

Bagikan