Malam ini saksikan gelaran kebudayaan Banyuwangi di ITB

user
Farah Fuadona 02 Oktober 2016, 10:49 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pagelaran seni yang mengangkat kebudayaan Banyuwangi akan diselenggarakan di Institut Teknologi Bandung (ITB). Pagelaran seni ini akan dimulai pukul 19.00 WIB di aula barat ITB.

Dari rilis yang diterima Merdeka Bandung, Pagelaran Seni dan Budaya Banyuwangi dari Ukawangi ITB merupakan program kerja dan puncak kegiatan Unit Kebudayaan Banyuawangi ITB. Acara ini dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi pertunjukan megah dan mempesona yang dapat menunjukkan kekayaan seni budaya Banyuwangi yang hingga kini masih dilestarikan.

Pagelaran ini disajikan dalam bentuk Sendra Tari yang bertajuk “Satrio Menak Jinggo”. Sendra tari merupakan pertunjukan gabungan dari drama dan tarian yang menceritakan seorang sejarah seorang tokoh kerajaan Blambangan (Banyuwangi) yang bernama Menak Jinggo. Menak Jinggo adalah tokoh yang membebaskan kerajaan Blambangan dari tangan siluman raksasa Kebo Mercuet.

Setelah itu Menak Jinggo diangat oleh Kerajaan Majapahit menjadi Adipati Blambangan. Ratu Majapahit telah berjanji akan menikahi Menak Jinggo setelah merebut Blambangan. Namun, Ratu Majapahit mengingkarinya sehingga Menak Jinggo marah dan menyatakan Blambangan melepaskan diri dari Majapahit.

Tarian yang ditampilkan adalah tarian Gandrung, Sabuk Mangir, dan Nyiru yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Umbul-umbul Blambangan” oleh seluruh pemain sebagai penutup acara.

Kredit

Bagikan