Kecanduan narkoba sama dengan penyakit kronis seperti darah tinggi

user
Mohammad Taufik 27 September 2016, 10:33 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Selama ini kecanduan narkoba sering dipandang sebagai penyalahgunaan atau penyimpangan. Padahal kecanduan narkoba adalah sejenis penyakit kronis yang suatu waktu bisa kambuh, walaupun sudah menjalani rehabilitasi.

"Adiksi adalah penyakit kronis, sering kali kambuhan, sama seperti penyakit kronis lain seperti diabetes, darah tinggi, dan asma yang bisa kambuh," kata Benny Ardjil SpKJ yang juga pakar rehabilitasi narkotika, di Bandung baru-baru ini.

Namun masalah kecanduan sebagai penyakit kronis belum banyak diketahui. Sehingga jika si pecandu kambuh menggunakan narkoba, sering kali yang disalahkan rehabilitasinya atau dokternya.

Padahal untuk penyakit kronis seperti diabetes dan darah tinggi yang kambuh yang disalahkan justru pasiennya, gaya hidupnya, pola makannya dan seterusnya.

"Tapi kalau adiksi kambuh itu yang disalahkan dokternya, rehabnya. Karena orang tak tahu bahwa adiksi itu adalah penyakit kronis," ujarnya.

Pecandu yang kambuh menurut dia bisa berbuat banyak hal selain kembali menyalahgunakan narkoba. Ia bisa melakukan tindakan melawan hukum atau kriminal.

"Kambuh itu sesuatu yang bisa terjadi bukan hanya mungkin. Seperti anak kecil yang biasa jatuh," katanya.

Sehingga ia tidak setuju jika pecandu yang kambuh yang disalahkan rehabilitasinya. "Saya tidak mengerti rehabilitasi sering disebut tidak efektif," ujarnya.

Kredit

Bagikan