Emosi jadi kunci keselamatan saat berkendara

user
Muhammad Hasits 01 September 2016, 16:33 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - PT Rentokil Initial menggelar kegiatan safety riding di Hotel Poster, Jalan PHH Mustofa, Kamis (1/9). Kegiatan ini dilakukan karena pentingnya keselamatan dalam berkendara, terutama pengguna kendaraan roda dua.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan mulai pukul 09.00 WIB itu, pihaknya menggandeng PT. Daya Adicipta Motora (DAM) dan juga pihak kepolisian untuk memberikan pembekalan materi mengenai etika berkendara serta langsung melakukan praktek safety riding.

SHE Manager Rentokil Initial, Wawan Hermawan mengatakan, ini merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan. Meski baru perdana di Bandung, Rentokil Initial melakukan kegiatan safety riding sejak 2014 silam di berbagai kota berbeda.

"Pada dasarnya 900 orang karyawan kita menggunakan sepeda motor untuk bekerja dan sebanyak 70 persen kecelakaan terjadi pada mereka yang menggunakan sepeda motor," ujar Wawan kepada Merdeka Bandung, Kamis (1/9).

Dalam kegiatan safety riding ini, pihak PT Rentokil Initial berharap para karyawan yang menggunakan sepeda motor lebih paham mengenai pentingnya menerapkan konsep safety riding untuk berkendara sehari-hari.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, instruktur Safety Riding PT DAM, Prabu Praditya menjelaskan, kegiatan safety riding yang dilakukan oleh perusahaan untuk karyawannya merupakan hal penting. Hal tersebut guna memberi tambahan wawasan mengenai berkendara yang aman.

Satu hal yang penting dalam berkendara aman di jalan raya, kata dia, adalah melakukan pengendalian emosi. Saat berkendara, orang kerap menerima telepon dan mendapat kabar yang tidak mengenakkan. Itu bisa merubah suasana hati.

"Kabar baik ataupun buruk yang diterima pengendara motor akan berpengaruh pada tarikan gas saat berkendara di jalan raya. Untuk itu, pengendalian emosi sangatlah penting. Itu merupakan salah satu etika berkendara," jelasnya.

Kredit

Bagikan