Zulkifli Hasan sosialisasikan empat pilar di Muhammadiyah Bandung

user
Farah Fuadona 17 Juni 2016, 12:22 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan melakukan sosialisasi empat pilar negara pada jemaah Muhamadiyah Kota Bandung. Sosialisasi empat pilar itu merupakan rangkaian dari Safari Kebangsaan Merajut Kebhinnekaan (Sabang Merauke) yang bakal digelar 17-19 Juni di beberapa wilayah Jabar.

Zulkifli yang juga Ketua Umum PAN mensosialisasikan empat pilar, di Komplek Perguruan Muhammadiyah, Antapani, Kota Bandung, Jumat (17/6) pagi. Hadir Ketua Fraksi PAN DPR RI yang sekaligus juga Wakil Ketua Umum Mulfachri Harahap, Ketua DPP yang sekaligus Sekretaris Fraksi PAN Yandri Susanto, dan Ketua DPP Riski Sadig.

Dia mengatakan, pentingnya empat pilar sebagai pondasi bangsa. Pertama yakni Pancasila sebagai dasar Ideologi dan Negara, UUD Tahun 1945 sebagai konstitusi negara dan ketetapan MPR RI, NKRI sebagai bentuk negara, serta Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

"Empat pilar itu tidak penting dihafal, tapi dimaknai dan dimengerti dan serta dilaksanakan dalam keseharian," kata Zulkifli dalam sambutannya. Dia berharap masyarakat benar-benar bisa memaknai nilai-nilai yang ada dalam empat pilar tersebut.

Safari Ramadan di Bandung kali ini merupakan lanjutan dari kegiatan Sabang Merauke Ramadhan yang telah dilaksanakan pada tanggal 10-12 Juni 2016 yakni di Pangandaran, Ciamis, Tasikmalaya dan Garut. Selanjutnya Zulkifli akan melanjutkan di Kabupaten di Jawa Barat, meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Cianjur, dan Kota Bogor.

Dijadwalkan, kegiatan Sabang Merauke Ramadan ini akan diisi dengan berbagai kegiatan sosial dan keagamaan, mulai dari Silaturrahmi bersama tokoh dan organisasi masyarakat setempat, mengunjungi beberapa pasar induk, dialog bersama tokoh lintas agama, buka puasa dan sahur bersama santri di beberapa pesantren, hingga dialog dengan para petani di daerah.

Mulfachri Harahap mengatakan,kegiatan kali ini sebenarnya juga diorentasikan sepenuhnya untuk menjemput aspirasi masyarakat daerah dari sumber aslinya, yaitu langsung dari masyarakat. "Kegiatan ini juga sekaligus sebagai sarana untuk menggairahkan struktur Partai di daerah-daerah yang menjadi tempat pelaksanaan kegiatan," ungkapnya.

Lebih jauh, dalam konteks bulan Ramadan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mepererat tali silaturrahmi dan sekaligus sebagai sarana untuk menumbuhkan empati kepada masyarakat yang kurang mampu, sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT.

Kredit

Bagikan