PFI umumkan foto jurnalistik terbaik di Gedung Merdeka Bandung

user
Farah Fuadona 09 April 2016, 16:34 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pewarta Foto Indonesia (PFI) kembali menggelar acara tahunan penghargaan bagi foto-foto jurnalistik terbaik Indonesia lewat Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2016. Acara digelar di Gedung Merdeka Museum Konferensi Asia Afrika, Bandung, Sabtu (9/4).

Penganugerahan foto-foto jurnalistik terbaik Indonesia oleh PFI sudah enam kali digelar sejak 2010. Sebelumnya, penganugerahan biasa dihelat di Jakarta. Kali ini untuk pertama kalinya APFI digelar di laur Jakarta, yakni Kota Bandung.

"Sebuah kehormatan bagi kami, pengurus FPI Bandung, dipercaya sebagai panitia penyelenggara APFI 2016," kata Ketua Panitia Fauzan Abdul Syukur.

Ia menambahkan, banyak sekali pelajaran yang dapat dipetik dari ajang APFI yang menjadi kebanggaan pewarta foto tanah air.

"Ini juga menjadi kebanggaan khususnya bagi tuan rumah PFI Bandung yang baru dideklarasikan 2015 lalu," kata Fauzan.

Panitia APFI 2016 berhasil mengupulkan 3.500 foto yang dikumpulkan di sepanjang 2015. Jumlah tersebut berasal dari 400 lebih peserta dari seluruh Indonesia.

Karya peserta melalui penyaringan ketat oleh tujuh dewan juri yang diketuai Direktur Eksekutif Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) Oscar Matuloh.

Hasil penjurian menyisakan 25 foto tunggal dan tiga foto seri yang mewakili hampir semua peristiwa penting tanah air di sepanjang 2015 sebagai nominasi peraih APFI 2016.

Jumlah itu terbagi ke dalam delapan kategori, yakni general news, spot news, people in the news, environment/nature, sport, art & entertainment, daily life, photo essay dan citizen.

Dari seluruh kategori, satu foto dipilih sebagai peraih penghargaan khusus Photo of The Year. Sedangkan dengan adanya kategori citizen, PFI berharap dapat memicu minat masyarakat untuk aktif mewartakan peristiwa di sekitar mereka melalui bidikan kamera.

Di luar kategori, APFI 2016 menganugerahkan Lifetime Achievment kepada almarhum pewarta foto senior Zaenal Effendy. Zaenal tutup usia pada 12 Februari 2015. Karyanya mendapat anugerah Word Press Photo kategori spot news pada 1977.

APFI dibuka Menteri Komunikasi dan informatika Rudiantara di Gedung Merdeka Bandung. Setelah pembacaan nominasi, Acara dilanjut sengan pembukaan pameran foto di Gedung De Vries (OCBC NISP) seberang Gedung Merdeka.

Kredit

Bagikan