Jumlah LGBT di Bandung ada 6 ribu

user
Farah Fuadona 05 April 2016, 17:34 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Fenomena Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender (LGBT) selalu menjadi perbincangan hangat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Kota Bandung menjadi salah satu kota dengan jumlah LGBT mencapai ribuan.

Berdasarkan catatan dari Badan Kesatuan Bangsa, Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat (BKPPM) Kota Bandung, setidaknya ada sekitar 6 ribu warga Kota Bandung yang merupakan LGBT.

"Dari catatan kami ada 6 ribu orang LGBT di Kota Bandung," ujar Kepala Sub Bidang Kerawanan Sosial BKPPM Iwan Hermawan saat acara Bandung Menjawab yang digelar di ruang media, Balai Kota Bandun, Jalan Wastukancana, Selasa (5/4).

Iwan menuturkan data yang didapat ini berasal dari laporan yang masuk ke BKPPM. Sejumlah pihak seperti aparat kewilayahan, aparat keamanan bahkan komunitas LGBT sendiri yang melaporkan keberadaannya.

Iwan mengungkapkan, angka 6 ribu ini tersebar di sejumlah wilayah di Kota Bandung. Namun dia enggan menyebut daerah yang menjadi tempat paling banyak dihuni LGBT.

"Untuk yang itu kami tidak bisa sampaikan," kata Iwan.

Menurut Iwan, kaum LGBT sudah mulai secara terang-terangan menyatakan keberadaannya. Bahkan tak jarang mereka melakukan perbuatan-perbuatan yang dinilai kurang pantas dilakukan di depan umum.

"Mereka secara terang-terangan berpelukan bahkan berciuman di taman-taman pusat kota," kata dia.

Untuk menindak hal ini, BKPPM bekerjasama dengan petugas Satpol PP untuk menindak perbuatan mereka bertindak asusila di depan umum.

"Kita kerjasama dengan Satpol PP, jika mereka berbuat asusila di depan umum dan meresahkan masyarakat," ujar Iwan.

Kredit

Bagikan