IFI Bandung rayakan Hari Frankofoni 19 Maret mendatang

user
Farah Fuadona 09 Maret 2016, 12:04 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Merayakan Hari Frankofoni 2016, Institut Prancis di Indonesia (IFI) menggelar lomba foto dengan tema “Avenir, Jeunesse” (Masa Depan, Masa Muda) yang terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia dan malam perayaan Pekan Frankofoni pada 19 Maret di Auditorium IFI Bandung.

Dari rilis yang diterima Merdeka Bandung, di Bandung, acara La Francophonie akan diisi oleh seminar tentang Bahasa Perancis yang digunakan dalam berbagai negara di dunia, yang akan dihadiri oleh para penutur asli dari negara-negara Frankofon.

Selain itu akan digelar juga Parade Puisi dalam Bahasa Perancis oleh mahasiswa Universitas Padjadjaran & Universitas Pendidikan Indonesia, serta Lomba Baca Puisi dalam Bahasa Perancis & Indonesia untuk tingkat SMA.

Pekan Frankofoni merupakan perayaan Bahasa Perancis sebagai bahasa pengantar di dunia yang dipakai oleh 220 juta orang yang tersebar di lima benua.

Bahasa Perancis juga menjadi bahasa resmi di berbagai organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-bangsa dan Uni Eropa serta di berbagai lembaga nirlaba seperti Palang Merah Internasional dan Amnesty Internasional.

Di Asia Tenggara, Bahasa Perancis menjadi salah satu mata pelajaran di sekolah dasar, sekolah menengah atas, Alliance Française dan institusi-institusi Perancis lainnya.

Atase Kerjasama Linguistik Kedutaan Besar Perancis di Indonesia François Roland-Gosselin mengatakan, kemampuan berbahasa Perancis bagi generasi muda Indonesia akan membawa keunggulan-keunggulan baik di bidang bisnis dan industri maupun di bidang kompetensi lainnya.

"Menguasai Bahasa Perancis sebagai langue de commerce menjadi modal utama untuk bernegosiasi dengan mitra bisnis, meluaskan jejaring bisnis di berbagai bidang, termasuk pariwisata, kuliner dan perhotelan," jelasnya

Lebih lanjut ia menjabarkan, menguasai Bahasa Perancis sebagai langue d’expertise membuka banyak peluang untuk mendapatkan pendidikan dan keahlian yang berkualitas baik melalui pendidikan tinggi maupun literature berbahasa Perancis.

"Dengan menguasai Bahasa Perancis, kita semakin punya peluang untuk melakukan mobilitas internasional baik sebagai pelajar, peneliti maupun pekerja profesional," tuturnya.

Rangkaian kegiatan Pekan Frankofoni (Semaine de la Francophonie) turut melibatkan perwakilan negara-negara penutur Bahasa Perancis lainnya seperti Belgia, Kanada, Lebanon, Swiss dan Tunisia serta beberapa institusi pendidikan di Bandung yaitu Universitas Padjadjaran, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Lomba foto berlangsung sampai 6 Maret dan penganugerahan hadiah bagi pemenang diadakan pada hari Rabu, 16 Maret 2016 di Auditorium IFI Jakarta.

Akan hadir dalam acara yang sekaligus menutup rangkaian Pekan Frankofoni ini, delegasi dari kedutaan negara-negara Asia, Eropa, Afrika, Timur Tengah, perwakilan perusahaan-perusahaan Perancis di Indonesia, serta perwakilan kementerian-kementerian pemerintah Indonesia.

Kredit

Bagikan