Manfaat tape dari jerawat hingga pencernaan

user
Farah Fuadona 02 Maret 2016, 12:08 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Tape adalah makanan fermentasi tradisional yang mengandung karbohidrat, seperti singkong, beras putih dan ketan. Makanan berfermentasi ini banyak dijumpai di wilayah Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand dan Malaysia.

Masyarakat kita biasa mengolah tape dalam berbagai variasi makanan seperti cake, es dan camilan lainnya. Hampir semua orang menyukai tape karena teksturnya yang lembut serta rasa manis yang khas saat di mulut yang tidak ditemukan di makanan lain.

Rasa khas yang dihasilkan dari tape ini karena dibuat dengan cara fermentasi yang melibatkan berbagai macam mikroorganisme. Mikroorganisme yang ditemukan dalam ragi tape antara lain adalah Rhizopus sp, Amylomyces rouxii, Saccharomycopsis fibuligera, Bacillus sp, dan Pediococcus.

Tapi tahukah Anda bahwa tape, salah satunya tape singkong memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat tape singkong bagi kesehatan? Simak ulasannya berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber.

Bisa menghangatkan badan

Kandungan alkohol dalam kadar ringan hasil fermentasi mikroorganisme tape. Mampu menghangatkan tubuh serta meningkatkan energi ketika tubuh merasa lelah. Karena tape mengandung gula dan karbohidrat menjadi sumber energi potensial sehingga tubuh kembali bugar.

Melancarkan fungsi pencernaan

Proses fermentasi pada tape dapat meningkatkan produksi asam laktat dan probiotik. Kedua zat ini dapat membunuh bakteri jahat dan membantu bakteri baik pada sistem pencernaan.

Mengobati jerawat

Hasil fermentasi pada tape mampu menetralisir racun yang menumpuk pada permukaan pori-pori kulit. Pori-pori yang tertutup kotoran bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Meningkatkan gairah seksual

Beberapa daerah di Indonesia memanfaatkan tape untuk meningkatkan seksual. Bagi pasangan suami istri yang memiliki masalah gangguan fungsi seksual. Cobalah mengonsumsi tape sebagai makanan terapi. Tape mengandung sumber energi yang dipercaya bisa meningkatkan gairah seksual secara bertahap.

Bagus untuk diet

Tape memiliki kandungan lemak yang cukup rendah serta mengandung karbohidrat yang baik. Selain itu serat dalam tape membuat organ pencernaan menjadi baik.

Kredit

Bagikan