Tingkatkan serapan kerja, Telkom University teken MoU dengan Singapura

user
Farah Fuadona 26 Februari 2016, 12:06 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Telkom University dan International Enterprise (IE) Singapore, melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU tentang penyaluran lulusan untuk kebutuhan perusahaan Singapura, termasuk penempatan magang.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh IE Singapore Group Director of Southeast Asia Group Mr. Ivan Tan, dan Rektor Telkom University Prof. Ir. Mochamad Ashari, M. Eng., Ph.D. dalam acara bertajuk “IE Singapore-Telkom University Career Day”.

“Telkom University sebagai perguruan tinggi yang direkomendasikan pemerintah Indonesia kepada IE Singapore, karena dianggap mampu mencetak lulusan yang unggul di bidang TIK (teknologi informasi komunikasi). Perusahaan-perusahaan Singapura yang beroperasi di Indonesia memang membutuhkan pekerja TIK dalam negeri untuk menunjang pertumbuhan pasar,” kata Ivan Tan, melalui rilis yang diterima Merdeka Bandung, Jumat (26/3).

Penandatanganan MoU dilakukan di Aula Fakultas Industri Kreatif Gedung Sebatik Lt. 5 Telkom University, Kamis (25/2) lalu. International Enterprise Singapore sendiri merupakan badan hukum di bawah Kementerian Perdagangan dan Perindustrian Singapura.

Sementara Rektor Mochamad Ashari mengatakan, Telkom University telah menjalin kerja sama dengan banyak negara untuk menyalurkan lulusan-lulusannya, melalui Telkom University Career (TUC). TUC merupakan wadah bagi para calon lulusan dan alumni Telkom University untuk berdiskusi tentang kesiapan menghadapi dunia kerja. Serta pilihan-pilihan yang akan mereka ambil pasca lulus dari Telkom University.

Ia mengklaim, berdasarkan hasil pelacakan lulusan tahun 2015, angka penyerapan lulusan Telkom University di dunia kerja mencapai 82 persen.

“Adapun kegiatan kerja sama dengan International Enterprise Singapore merupakan wujud dari upaya Telkom University untuk mengembangkan eksistensi di dunia internasional dalam menghadapi MEA. Sekaligus menjadi indikator bahwa lulusan Telkom University sudah memenuhi standar kebutuhan industri di ASEAN,” tuturnya.

IE Singapore-Telkom University Career Day diwarnai seminar internasional dan rekrutasi. Pada kesempatan tersebut, mahasiswa tingkat akhir dan lulusan Telkom University dapat berhadapan langsung dengan perwakilan enam perusahaan Singapura untuk menggali peluang magang maupun menjadi pegawai.

Wakil Rektor III Telkom University AMA Suyanto berharap agar kerja sama dengan IE Singapore ini. Dapat meningkatkan rasio penyerapan lulusan, terutama mempercepat waktu tunggu lulusan untuk bekerja sesuai dengan kompetensinya.

Saat ini waktu tunggu rata-rata bagi lulusan Telkom University berada di angka 3,22 bulan. Ini dilakukan untuk meningkatkan percepatan kontribusi Telkom University kepada dunia industri, khususnya negara ASEAN.

Kredit

Bagikan