Ingat, pengisian data syarat ikut SNMPTN dua hari lagi tutup

user
Muhammad Hasits 18 Februari 2016, 15:24 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Jadwal pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sebagai syarat mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) dua hari lagi akan ditutup Sabtu 20 Februari pukul 23.59 WIB mendatang.

Maka siswa kelas tiga SMA atau sederajat yang akan daftar SNMPTN maupun pihak sekolah harus memastikan data yang ada di PDSS sudah benar, artinya 100 persen sama dengan nilai rapot, tidak ada nilai atau data yang salah.

Kasi Sitem Info Dektm ITB Irfan Christiawan mengatakan, ada dua kesulitan pengisian PDSS, yakni dari pihak sekolah dan siswa.

“Kesulitan utama sekolah adalah konversi nilai kurikulum, karena kurikulum yang berlaku banyak, ada kurikulum 2006 dan 2013. Sekolah masih kesulitan melakukan konversi,” kata Irfan, usai sosialisasi SNMPTN 2016 di Kampus ITB, Kamis (18/2).

Masalah kedua, kata dia, adanya kecerobohan siswa dalam melakukan verifikasi nilai. Padahal mereka belum memeriksa atau meneliti nilainya. Seharusnya, siswa membandingkan nilai yang ada di PDSS dan di rapotnya.

Membandingkan nilai rapot dan nilai PDSS diperlukan untuk menemukan kesalahan penilaian. Namun siswa cenderung buru-buru melakukan verifikasi atau finalisasi, sehingga otomatis tidak bisa melakukan perubahan jika ternyata ada data atau nilai yang salah.

“Masih ada yang salah nilainya, masih bisa diperbaiki sebetulnya tapi sudah terverifikasi keburu terkunci,” katanya.

Menurutnya, kesalahan-kesalahan tersebut cukup banyak terjadi. “Itu kesulitan sekolah dan siswa, cukup banyak, tapi datanya belum bisa saya sampaikan,” jelasnya.

Waktu pengisian PDSS yang semakin mepet diharapkan bisa dimanfaatkan maksimal oleh pihak sekolah maupun siswa.

“Kalau siswa tidak melakukan verifikasi sampai dengan masa akhir pengisian PDSS tanggal 20 pukul 23 59 WIB, itu sistem akan menganggap data yang dimasukkan sudah benar. Apakah masih kurang, salah, bolong-bolong itu sistem akan melakukan finalisasi secara otomatis,” katanya.

Kredit

Bagikan