Ini tips agar tak mengeluarkan air liur saat tidur

user
Farah Fuadona 08 Februari 2016, 18:30 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sahabat Merdeka Bandung pernah mengalami masalah yang satu ini mengeluarkan cairan air liur ketika tidur terlelap. Selain mengganggu, hal ini juga bisa membuat rasa percaya diri Anda berkurang.

Ada tips sederhana yang diulas dari WikiHow. Cara ini bisa kamu lakukan ketika Anda mau tidur.

Pertama, ambil posisi tidur terlentang. Karena jika tidur dalam posisi miring maka titik gaya gravitasi akan berbeda. Hal ini menyebabkan mulut akan terbuka ketika tidur.

Kedua, untuk menjaga agar tidur tidak miring. Anda bisa menggunakan guling atau bantal sebagai ganjalan kepala ketika tidur. Ganjalan ini befungsi membuat posisi Anda lebih vertikal ini membantu mulut tetap tertutup dan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik.

Ketiga, hidung tersumbat membuat Anda mudah mengeluarkan air liur ketika tidur. Karena saat hidung tersumbat mulut pun akan terbuka untuk bernapas. Gunakan minyak angin atau oles untuk melegakan hidung tersumbat. Selain menggunakan minyak angin untuk melncarkan hidung tersumbat. Anda juga bisa mandi air hangat sebelum tidur. Uap-uap yang dihasilkan bisa melegakkan pernapasan.

Keempat, bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih (obesitas) beresiko besar mengalami masalah gangguan tidur, seperti mengeluarkan liur. Hal ini karena selama tidur Anda tidak bisa bernapas secara leluasa karena terdapat lipatan lemak dalam tubuh. Baiknya lakukan diet sehat untuk mengurangi resiko obesitas.

Kelima, masalah rongga mulut seperti gusi bengkak atau gigi berlubang juga bisa menjadi faktor penyebab gangguan ini. Lakukan pemeriksaan gigi secara rutin dan jangan lupa rajin menggosok gigi terutama sebelum tidur. Untuk meminimalisir bakteri perusak gigi.

Kredit

Bagikan