Minum pakai sedotan ternyata bisa jadi terapi berhenti merokok

user
Mohammad Taufik 18 Januari 2016, 14:57 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Bagi sebagian orang, berhenti merokok memang sulit. Meskipun rata-rata mereka tahu merokok menyebabkan konsekuensi buruk terhadap kesehatan. Namun demikian, sebenarnya banyak pula yang ingin berhenti, namun baru sebentar berhenti ujung-ujungnya merokok lagi.

Dikutip dari situs kesehatan www.webmd.com, kebiasaan merokok bisa diatasi dengan kebiasaan lain. Misalnya dengan kebiasaan mengisap air dingin pakai sedotan.

Ada sebuah penelitian, meminum air dingin melalui sedotan ternyata dapat membantu menggantikan tindakan mengisap rokok karena mampu melepaskan dopamin (zat kimia otak pemicu perasaan baik) dan dapat membantu meringankan suasana hati yang buruk.

Namun demikian, kebiasaan itu juga harus didukung dengan kebiasaan lain. Misalnya mengganti kebiasaan merokok dengan mengonsumsi makanan kecil sehat untuk membantu mengurangi dorongan merokok. Kemudian membatasi alkohol dan kafein (bisa kopi atau teh) dan menghindari bad mood.

Selain itu, untuk berhenti rokok Anda juga harus sering menggosok gigi untuk mengurangi rasa tidak enak pada mulut, menciptakan zona tidak merokok sendiri, membuat buku catatan kesehatan sendiri termasuk mengingat-ingat alasan berhenti merokok.

Selanjutnya menyibukkan diri, mengunyah sesuatu di mulut (bisa permen karet atau semacamnya). Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Kredit

Bagikan