Jangan 'histeris' lihat anak makan upil, ini manfaatnya

user
Mohammad Taufik 14 Januari 2016, 10:11 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Anda mungkin pernah melihat anak kecil mengorek hidungnya, mengambil upil lantas memakannya. Jangan histeris, boleh dicegah tapi jangan kasar sampai melukai hati anak. Anda perlu tahu, kebiasaan memakan upil bagi anak ternyata tidak terlalu buruk. Justru ada manfaat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Para ahli biokimia dari Universitas Saskatchewan di Saskatoon, Kanada, berteori bahwa upil (booger)--yang rasanya manis--memang menarik bagi anak-anak sebagai cemilan. Upil ternyata benar-benar berguna untuk memperkenalkan patogen ke dalam sistem kekebalan tubuh anak sehingga dapat memperkuat pertahanan alami tubuh mereka dari serangan kuman.

"Para ahli lainnya percaya dengan teori ini (meskipun belum diuji) tidak selalu menahan lendir, karena setiap hari orang menelan sekresi hidung, bahkan dalam tidur mereka, meskipun jika mereka tidak makan upil," kata Dokter Joseph Mercola, seperti dilansir dari Huffingtonpost, Kamis (14/01).

Kebiasaan mengorek upil dipandang kurang bagus karena budaya manusia sendiri yang agaknya terlalu obsesif terhadap kebersihan, terutama mengenai anak-anak. Namun demikian, Joseph melanjutkan, memarahi anak-anak untuk menghentikan kebiasaan tertentu sebenarnya bisa kontraproduktif terhadap pertumbuhan anak sendiri.

Sementara bagi orang dewasa, situs www.manfaat.co.id mengulas beberapa manfaatnya, yakni; untuk membersihkan rongga hidung, melegakan pernapasan melalui hidung dan dapat menghilangkan iritasi pada rongga hidung.

Kotoran hidung yang dibiarkan mengering terlalu lama akan menyebabkan iritasi pada rongga. Faktanya, kotoran hidung yang sudah mengering tidak akan bisa keluar sendiri dan harus dibantu menggunakan alat.

Sementara dampak buruknya; mengupil bisa menyebabkan rongga hidung terluka dan mengalami mimisan, kuman dari kuku jari masuk ke dalam tubuh dengan mudah, mudah terserang flu, kemudian upil bisa menyebabkan bulu hidung tercabut sehingga udara kotor gampang masuk.

Nah, berikut ini tips mengupil yang sehat. Pertama, tentu saja Anda harus bisa memastikan bahwa tangan anda benar-benar bersih ketika mengupil. Jangan lupa mencuci tangan sebelum dan sesudah mengupil. Hal ini akan membantu mencegah peredaran kuman dan bakteri, sehingga dampak negatif dan juga resiko bisa anda hindari.

Kedua, usahakan berhati-hati saat mengupil karena hal ini akan menyebabkan terjadinya pendarahan dan juga mimisan. Jangan mengupil terlalu dalam atau terlalu keras karena akan meningkatkan resiko pendarahan, mimisan dan juga iritasi pada rongga hidung Anda. Semoga bermanfaat.

Kredit

Bagikan