Tidak teratur memotong kuku kaki ternyata akibatnya ngeri

user
Mohammad Taufik 07 Januari 2016, 07:10 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Masih banyak orang kurang memerhatikan kondisi kuku kaki. Misalnya karena alasan sibuk tidak sempat memotong kuku, atau karena letak kuku kaki tersembunyi di dalam sepato dan kaos kaki. Tepislah alasan-alasan tidak masuk akan itu dan mulailah berpikir tentang kesehatan kuku Anda. Sebab bila kesehatan kuku tidak dijaga, akibatnya bisa mengerikan.

Seperti dilansir boldsky.com, ternyata kebiasaan memotong kuku menyimpan manfaat besar bagi kesehatan, selain bisa memperbaiki penampilan karena penampilan kuku yang bagus dengan ukuran pas dapat mempercantik penampilan Anda. Adapun manfaat memotong kuku bagi kesehatan diantaranya:

Mencegah infeksi dan pembengkakan jari kaki.

Kuku kaki panjang dan jarang dipotong bila dibiarkan pertumbuhannya akan masuk ke dalam. Apalgi ketika kuku sudah mulai panjang, hal itu membuat ukuran kuku semakin besar dan bisa menembus kulit. Kondisi itu akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, bahkan bisa terjadi pembengkakan dan juga infeksi. Oleh sebab itu, ketika kuku kaki Anda mulai panjang dan mengganggu, segera potong agar tidak semakin menyakitkan.

Mencegah infeksi bakteri

Memotong kuku secara teratur sebenarnya dapat mengurangi infeksi bakteri yang terdapat di kuku. Apalagi jika Anda sering memakai kaos kaki dan juga sepatu yang menyebabkan kuku lembab dan tidak ada udara masuk sehingga memicu munculnya bakteri pada kuku, misalnya bakteri Tinea. Bakteri ini dapat menyebabkan terjadinya kutu air, ruam merah di kuku, dan menyebabkan kuku berwarna kuning. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk memotomg kuku secara teratur.

Meminimalisir cedera

Memiliki kuku panjang sebenarnya memperbesar resiko terjadinya cedera, seperti tercakar ataupun mengalami cedera ketika kuku anda membentur benda keras. Akibat benturan itu tentu dapat menimbulkan rasa sakit serta menimbulkan warna hitam di dalam kuku tersebut. Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut potonglah kuku secara teratur.

Kredit

Bagikan