Cek kondisi tubuh lewat warna lidah

user
Muhammad Hasits 28 Desember 2015, 13:46 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Untuk mengetahui kondisi tubuh kita banyak cara dilakukan. Salah satunya adalah lewat lidah kita. Warna lidah ternyata bisa menjadi indikator untuk mengetahui kondisi tubuh kita sehat atau tidak.

Mudah kok caranya, cukup julurkan lidah kita sambil berkaca. Dari situ kondisi tubuh kita bisa diketahui lewat warna lidah.

Seperti dilansir dari boldsky.com, warna lidah akan mempengaruhi kondisi tubuh kita. Lalu seperti apa warna lidah kita saat ini:

Lidah merah terang

Lidah memiliki warna alami yaitu merah. Sehingga saat Anda melihat warna lidah Anda berwarna merah terang, maka Anda menganggap bahwa hal tersebut normal.

Namun tahukah Anda bahwa warna lidah merah terang menjadi tanda bahwa tubuh Anda kekurangan zat besi atau vitamin B12? Selain itu warna lidah merah terang juga bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda kurang berbagai vitamin lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk mengantisipasinya, lebih baik Anda mengonsumsi banyak sayuran hijau untuk kesehatan tubuh Anda.

Lidah berwarna cokelat

Lidah berwarna cokelat biasanya menjadi milik mereka yang doyan merokok dan minum-minuman beralkohol. Lidah dengan warna cokelat ini biasanya juga disertai dengan bau yang tidak enak dan sulit untuk merasakan rasa suatu masakan. untuk menyingkirkan hal ini, Anda perlu alat untuk membersihkan lidah.

Lidah seperti keju

Lidah seperti keju yang dimaksud disini adalah lidah Anda berwarna putih dan seakan bersisik. Jika Anda mengalaminya, maka hal ini menjadi indikasi bahwa Anda memiliki infeksi jamur dalam tubuh Anda yang terutama disebabkan oleh kelebihan produksi jamur berwarna candida. Jamur ini biasanya banyak ditemukan dalam tubuh orang yang menderita diabetes atau penyakit autoimun lainnya.

Lidah keriput

Tahukah Anda bahwa lidah berkerut adalah pertanda bahwa Anda mengalami penuaan dini? Ya, celah dan retakan di lidah akan terjadi seiring bertambahnya usia atau terjadinya penuaan dini dalam tubuh Anda.

Bercak di lidah

Bercak di lidah biasanya muncul tanpa disertai dengan rasa sakit. Kondisi ini dikenal dalam istilah medis sebagai leukoplakia yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel berlebih. Biasanya kondisi ini terjadi pada mereka yang memiliki kebiasaan merokok. Sedangkan bagi yang tidak merokok dan memiliki bercak di lidah ini, biasanya terjadi akibat gesekan gigi dengan lidah.

Luka di lidah

Jangan anggap sepele luka yang biasanya muncul di lidah Anda. Sebab hal ini bisa menjadi tanda kanker lidah. Dan kanker lidah termasuk jenis kanker yang paling pesat perkembangannya saat ini.

Lidah terasa seperti terbakar

Rasa lidah yang seperti terbakar biasanya disebabkan karena Anda alergi akan jenis pasta gigi tertentu. Namun dalam beberapa kasus kesehatan, lidah terbakar juga bisa terjadi saat tubuh Anda melalui tahap menopause. Jadi bagi Anda para wanita yang merasa bahwa lidah Anda sering terasa seperti terbakar, bisa jadi menopause datang pada tubuh Anda.

Kredit

Bagikan