Pemkot Bandung bangun taman khusus penyandang disabilitas

user
Farah Fuadona 21 Desember 2015, 15:36 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Jumlah taman tematik di Kota Bandung kembali bertambah. Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) membangun taman khusus penyandang disabilitas.

Taman yang dinamakan Taman Inklusi ini berada di kawasan Taman Maluku, Jalan Aceh, Kota Bandung. "Taman ini sengaja diperuntukan untuk kalangan disabilitas. Peralatannya kita sesuaikan dengan kebutuhan  mereka," ujar Kepala Diskamtam Kota Bandung, Arief Prasetya kepada Merdeka Bandung, Senin (21/12).

Ada beragam fasilitas yang dibangun di atas taman seluas 400 meter persegi ini. Wahana bermain seperti korsel, ayunan disediakan di Taman Inklusi ini

"Beragam permainan seperti ayunan, korsel mini, dan lainnya memang didesain khusus untuk kebutuhan difabel. Jadi kursi roda juga bisa masuk," kata Arief.

Jalur pejalan kaki pun telah dipasang guiding block yang diperuntukan bagi tuna netra. Selain itu, taman ini pun dilengkapi oleh fasilitas terapi stone.

"Fasilitas ini dapat digunakan bagi masyarakat yang memiliki sakit stroke. Masyarakat penderita stroke, bisa berjalan di atas bebatuan yang dibuat dibuat untuk merangsang saraf-saraf kaki," ujarnya.

Dia mengungkapkan, biaya untuk pembangunan Taman Inklusi ini sebesar Rp 400 juta yang berasal dari APBD tahun 2015.

"Saat ini progres pembangunannya hampir rampung. Tinggal finishing saja," jelas Arief.

Kredit

Bagikan