Sederet Artis Maju Jadi Caleg di Dapil Jabar 1

user
Endang Saputra 29 Desember 2018, 16:12 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat 1 yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi menjadi salah satu dapil dengan jumlah caleg artis paling banyak. Mereka berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari pemain sinetron, penyanyi, personel band, hingga presenter olahraga

Ketua KPU Kota Bandung Suharti mengatakan, dari catatan KPU, sedikitnya ada delapan nama artis yang mendaftar jadi Caleg di Dapil 1. Mereka akan bersaing untuk memperebutkan kursi DPR RI.

Dari PDI Perjuangan ada dua nama yakni presenter Nico Siahaan, aktris Kirana Larasati. Kemudian dari Partai Golkar ada penyanyi lawas Tetty Kadi dan Nurul Arifin.

Adapun dari Partai NasDem ada presenter Muhamad Farhan, penyiar berita Arief Soeditomo, serta penyanyi Citra Skolastika. Dari Partai Perindo ada presenter Chocky Sitohang. Sementara sari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ada vokalis grup band Nidji, Giring Ganesha. Adapun dari Partai Demokrat ada mantan atlet bulu tangkis Indonesia Ricky Subagja.

"Iya banyak artis yang masuk di Dapil 1 Jabar. Dapil 1 kan termasuk Kota Bandung di dalamnya," ujar Suharti kepada wartawan saat dihubungi Sabtu (29/12).

Fenomena artis yang terjun ke politik bukanlah hal yang baru. Sebab dalam pemilihan legislatif sebelumnya sudah banyak artis yang ikut ke dalam kontestasi politik. Namun untuk pemilu ini jumlahnya meningkat.

Suharti menyebut kecenderungan partai untuk manggaet artis memang sangat banyak dalam Pileg 2019. Salah satu faktornya, untuk mendulang suara lebih banyak.

"Harapan partai mungkin itu untuk mendulang suara, karena untuk DPR RI ada aturan ambang batas 4 persen. Hanya partai yang memperoleh suara sah di atas 4 persen lah yang akan di ikut sertakan dalam proses penghitungan kursi," katanya.

Kredit

Bagikan