Survei Rectoverso Institute: Elektabilitas Oded-Yana tertinggi

user
Endang Saputra 02 April 2018, 13:51 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Rectoverso Institute merilis hasil survei partisipasi politik masyarakat di Kota Bandung menjelang Pilkada Serentak 2018. Hasilnya, pasangan Oded M Danial-Yana Mulyana berada di posisi teratas untuk tingkat elektabilitas di Pilwalkot Bandung sebesar 45 persen.

Sementara, pasangan Yossi Irianto-Aries Supriatna berada di posisi kedua dengan tingkat elektabilitas 31,50 persen dan disusul pasangan Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat dengan tingkat elektabilitas sebesar 19 persen.

Survei ini dilakukan dari tanggal 17-25 Maret 2018 dengan jumlah responden 400 orang yang tersebar di 30 kecamatan. Survei ini menggunakan teknik multi stage random sampling. Margin eror 5 persen

Peneliti Rectoverso Institute Romdin Azhar mengatakan, ada tiga alasan yang membuat masyarakat memilih wali kota dan wakil wali kota di Pilwalkot Bandung yaitu berpengelaman, visi misi program dan cerdas/intelek.

Menurut dia, dari hasil survei yang dilakukan, diketahui bahwa sebanyak 47,5 persen warga Bandung memilih pasangan wali kota dan wakil wali kota karena berpengalaman. Selain itu 24,75 persen karena visi misi program program yang ditawarkan dan sebanyak 16,5 persen memilih karena cerdas/intelek.

"Jadi alasan masyarakat memilih wali kota itu karena dia berpengelaman, dilihat dari visi misi program dan cerdas atau intelek. Di banding lima tahun lalu ini ada pergeseran di mana masyarakat memilih karena berpenampilan menarik dan kaya/dermawan. Dulu cukup banyak yang menjadikan alasan memilih kandidat namun pada saat ini jauh lebih sedikit. Ini menjadi salah satu indikator masyarakat makin dewasa dalam menentukan pilihan," ujar Romdin kepada wartawan di kawasan Progo, Kota Bandung, Senin (2/4).

Menurut Romdin, selain karena sebagai petahana, kampanye yang dilakukan oleh pasangan Oded-Yana juga dinilai memberikan andil terhadap tingginya tingkat elektabilitas

"Kampanye berpengaruh. Pemasangan APK seperti baligho berpengaruh 30 persenan (terhadap tingkat eletabilitas). Tetapi pengaruh yang memberikan pengaruh lebih besar adalah kunjungan kandidat. Itu pengaruhnya lebih besar," kata dia.

Menurut Romdin, tingkat populaitas Oded juga paling tinggi dibanding calon lain yakni 80 persen. Di bawahnya Nurul Arifin sebesar 72,75 persen disusul Yossi Irianto sebesar 66,25 persen

"Masyarakat Bandung kenal dengan Nurul Arifin tetapi tingkat kesukaannya lebih rendah. Jadi tingkat elektabilitasnya lebih rendah dari Oded" ungkapnya.

Namun demikian lanjut Romdin, tingkat perubahan pilihan bagi masyarakat untuk mengubah pilihannya terhadap paslon di Pilwalkot Bandung tergolong masih cukup tinggi yakni 38,75 persen. Alasan perubahan pilihan dapat disebabkan berbagai faktor seperti isu negatif kandidat, kandidat lain memberi dana, informasi melalui media internet atau medsos serta kondisi ekonomi juga akan mempengaruhi pertimbangan masyarakat untuk memantapkan atau merubah pilihan.

"Jadi ini tingkat perubahan pilihan masyarakat juga masih tinggi. Tinggal bagaimana paslon menjaga agar suara tetap stabil," katanya.

Kredit

Bagikan