Oded gagas program 'Bandrek Panas' untuk tangani masalah sampah di Bandung

user
Endang Saputra 01 Maret 2018, 17:15 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Calon Wali Kota Bandung Oded M. Danial memiliki program khusus untuk menangani permasalahan sampah di Kota Bandung. Program yang digagasnya ialah Bandrek Panas. Nama program itu merupakan akronim dari Bandung Resik Pakai Bank Sampah.

Oded menuturkan permasalahan sampah di Kota Bandung menjadi salah satu yang harus diprioritaskan karena jumlahnya yang cukup besar. Oleh karenanya program Bandrek Panas menjadi salah satu yang ditawarkan kepada masyarakat.

"Bandrek Panas itu program lingkungan penataan lingkungan dari OYa (Oded-Yana). Singkatan dari Bandung Resik Pakai Bank Sampah," ujar Oded ditemui di sela-sela kegiatan kampanyenya di wilayah Kiaracondong, Kota Bandung, Kamis (1/3).

Pasangan nomor urut 3 ini, Bank sampah terbukti berhasil mengurangi jumlah sampah di Kota Bandung selama dijalankannya saat memimpin bersama Ridwan Kamil. Selain mengurangi jumlah sampah, ujar Oded, Bank sampah memiliki nilai ekonomis tersendiri.

Masyarakat, kata Oded berperan aktif untuk memilah sampah untuk dibawa ke Bank sampah. Hasilnya, sampah tersebut menjadi sumber ekonomi tambahan bagi masyarakat itu sendiri.

"Ibu-ibu semangat keliling rumah mencari sampah anorganik yang jadi nilai jual. Samping memberikan nilai ekonomi juga luar biasa lingkungan bersih," kata dia.

Ia menyebutkan saat ini ada 134 Bank sampah yang tersebar di berbagai wilayah di Kota Bandung. Ia berharap jumlah ini bisa bertambah jika nanti kembali memimpin Kota Bandung bersama pasangannya Yana Mulyana.

"Ke depan saya jadi wali kota Bank sampah harus terus dikembangkan," katanya.

Kredit

Bagikan