Kasus kebakaran di Kota Bandung meningkat selama 2017

user
Mohammad Taufik 03 Januari 2018, 17:49 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Jumlah angka kebakaran di Kota Bandung sepanjang 2017 mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Berdasarkan catatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB), sepanjang 2017 ada 201 peristiwa kebakaran di Kota Bandung.

Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya yakni sebanyak 107 peristiwa kebakaran. Kepala Diskar PB Ferdi Ligaswara mengatakan, jumlah kebakaran yang terjadi di Kota Bandung sepanjang tahun 2017 meningkat tajam dibanding tahun sebelumnya. Ferdi menyebut salah satu faktornya yakni durasi musim kemarau yang lebih panjang.

"Dari data kita tercatat ada 201 peristiwa kebakaran di tahun 2017. Ini karena musim kemarau relatif lebih panjang dari pada tahun sebelumnya," ujar Ferdi kepada wartawan, Rabu (3/1).

Disinggung terkait faktor penyebab kebakaran, Ferdi menyebut jika sebagian besar masih disebabkan oleh hubungan arus pendek. Instalasi listrik yang tergolong berumur sudah tua turut berkontribusi terhadap potensi terjadinya kebakaran.

"Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat agar rutin memeriksa instalasi listrik di rumahnya," katanya.

Selain itu, Ferdi juga mengimbau kepada pengelola bangunan tinggi seperti hotel, perkantoran, untuk memeriksa kelengkapan proteksi kebakaran. "Kelengkapan alat proteksi kebakaran seperti hydrant, alat pendeteksi asap ini harus diperiksa rutin," katanya.

Kredit

Bagikan