Roberto Carlos resmi jadi pelatih Persib tahun depan

user
Mohammad Taufik 28 November 2017, 13:33 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - PT Persib Bandung Bermartabat resmi menunjuk pelatih baru, Roberto Carlos Mario Gomez untuk mengarsiteki skuad Maung Bandung. Pelatih berusia 60 tahun asal Argentina ini ditunjuk untuk menangani Persib Bandung di Liga 1 musim 2018 mendatang.

Dilansir dari laman resmi Persib.co.id, setelah melalui proses yang cukup panjang, kedua belah pihak akhirnya menjalin kesepakatan dengan durasi dua tahun. Durasi kontrak yang disepakati sengaja cukup panjang untuk membangun dan membentuk tim PERSIB agar kembali ke jalur kejayaannya.

Roberto Carlos tercatat sebelumnya menangani klub Malaysia Johor Darul Ta'zim (JDT). Pelatih kelahiran Mal der Plata, Argentina 27 Februari 1957 ini ternyata memiliki catatan prestasi yang cukup gemilang dalam masa karier kepelatihannya.

Yang terdekat, Gomez berhasil membawa klub asal Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT) menjuarai Liga Super Malaysia sebanyak 2 kali, pada tahun 2015 dan 2016. Selain itu, juru racik yang pernah menukangi klub Argentina, Gimnasia Jujuy ini pun sukses mengantarkan JDT merengkuh gelar AFC Cup tahun 2015.

Hal tersebut sekaligus menjadikan JDT sebagai klub dari Benua Asia Tenggara pertama yang menjuarai pada ajang AFC Cup. Atas raihannya tersebut Gomez langsung mendapatkan penghargaan dari federasi tertinggi sepakbola Malaysia (FAM) sebagai pelatih terbaik Liga Malaysia tahun 2015 lalu.

"Coach of the Year liga Malaysia tahun 2015/2016 ini sudah memantau pemain Persib yang akan dipertahankan dan mulai bekerja mencari pemain baru untuk memperkuat Persib nantinya," demikian laman Persib.co.id menjelaskan.

Mario Gomez saat ini berada di Argentina tengah mengurus segala persyaratan untuk bisa datang ke Indonesia. Pelatih berusia 60 tahun ini akan tiba di Bandung untuk diperkenalkan kepada Bobotoh pada awal Desember 2017 mendatang.

Diperkenalkan pekan depan

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Umuh Muchtar, mengatakan segera memperkenalkan pelatih anyar tersebut dalam waktu dekat. Rencananya Roberto Carlos Mario Gomez akan diperkenalkan ke hadapan publik pada pekan depan.

"Jika tidak ada halangan, minggu depan kita perkenalkan kepada pubik," ujarnya.

Menurut Umuh, pertimbangan untuk merekrut Roberto Carlos Mario Gomez karena kesuksesannya membawa klub Johor Darul Ta'zim (JDT) Malaysia menjuarai Liga Super Malaysia sebanyak 2 kali. JDT pun menjadi salah satu klub yang disegani di Asia.

Sebelum menjatuhkan pilihan untuk merekrut Roberto Carlos Mario Gomez, dia melanjutkan, ada 4 nama pelatih lain yang juga menjadi kandidat pelatih Persib yakni Jacksen F Tiago, Milomir Sesija, Robert Rene Alberts dan Rahmad Darmawan.

Karena berbagai pertimbangan, pihak manajemen kemudian menjatuhkan pilihan kepada Roberto Carlos Mario Gomez.

"Empat kandidat pelatih tadi belum berjodoh dengan Persib. Akhirnya setelah berbagai pertimbangan, manajemen memutuskan Mario Gomez," katanya.

Adapun tugas pertamanya saat tiba ke Bandung lanjut Umuh, tinggal menentukan pemain yang akan memperkuat Persib di musim depan. Roberto Carlos Mario Gomez pun akan dibantu oleh asisten pelatih untuk menentukan komposisi pemain.

"Nanti akan dibantu para asisten pelatih dalam memilih pemain mana saja yang pantas dipertahankan. Asisten pelatih memberikan catatan-catatan pemain kepada pelatih kepala," katanya.

Kredit

Bagikan