Ridwan Kamil ajak masyarakat nonton Film G30S/PKI di kelurahan-kelurahan

user
Farah Fuadona 28 September 2017, 16:27 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengajak kepada masyarakat untuk menonton pemutaran film G30S/PKI. Di Kota Bandung sendiri, pihaknya bersama TNI akan menggelar acara nonton bareng film G30S/PKI di kelurahan-kelurahan.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, jika pemutaran film G30S/PKI sudah berlangsung sejak beberapa waktu lalu dan akan berlangsung hingga Jumat (30/9) besok.

"Jadi ada nonton bareng film G30S/PKI di Bandung dilaksanakan di berbagai kelurahan, ini kerja sama dengan danramil-danramil. Kemudian besok ada di Taman Film juga dilaksanakan. Jadi intinya siapa yang mau datang silahkan, yang tidak juga tidak masalah. Jadi kita beri pilihan," ujar Emil kepada wartawan di Taman Dago Cikayapang, Kamis (28/9).

Menurut Emil, setiap peristiwa sejarah harus dicermati bersama. Terkait adanya perbedaan tafsir, menurut Emil hal itu tidak perlu dipermasalahkan.

"Menurut Saya setiap sejarah perlu kita cermati. Bahwa ada tafsir-tafsir ya silahkan saja. Selama belum ada pembandingnya ya Saya kira bisa lakukan yang ada. Karena jangan sekali kali melupakan sejarah," katanya.

Emil mengungkapkan, salah satu lokasi pemutaran film G30S/PKI yakni di Taman Film yang berada di bawah Flyover Pasupati. Namun tak seperti biasanya yang menggunakan videotron, pemutaran film akan dilakukan dengan mengunakan layap tancap.

"Kebetulan di taman film lagi rusak jadi pake layar tancap. Di kelurahan kelurahan juga pake layar tancap," ucapnya.

Terlepas dari pro kontra pemutaran film G30S/PKI, Emil mengimbau kepada masyarakat, khususnya generasi muda untuk selalu waspada dengan paham-paham komunis. Dia meminta generasi muda untuk selalu memegang teguh Pancasila.

"Pokoknya waspada aja. Waspada jaga Pancasila, jangan terlalu ke kiri (komunis), jangan terlalu ke kanan (agama radikal). Jadi fokus di tengah, dengan pancasila, dengan waspada insyaaallah selamat," pungkasnya.

Kredit

Bagikan