Jika menemukan pungli di RSHS, laporkan segera!

user
Mohammad Taufik 31 Juli 2017, 16:20 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Untuk mencegah terjadinya praktik percaloan, manajemen RSUP dr. Hasan Sadikin (RSHS) tengah berproses dalam upaya-upaya antisipasi yaitu membentuk tim pencegahan pungli atau calo, penambahan kamera CCTV di tempat-tempat yang terindikasi rawan terjadi percaloan.

Dari siaran berita yang diterima Merdeka Bandung, pihak RSHS akan memperbanyak informasi tentang kewaspadaan terhadap praktik percaloan (larangan tindakan percaloan dan memperjelas informasi alur atau prosedur pelayanan).

Selanjutnya adalah pemberian sanksi tegas bagi pegawai RSHS apabila ada yang terlibat percaloan, menjalin kerja sama dengan pihak kepolisian untuk mendapat pendampingan dalam pemberantasan percaloan dan menjaga keamanan serta ketertiban di RSHS.

Memberantas praktik percaloan tidak akan berhasil tanpa kerja sama dan dukungan dari pasien atau keluarga pasien dan masyarakat pada umumnya.

Oleh karena itu RSHS mengimbau kepada seluruh masyarakat agar jangan percaya terhadap tawaran-tawaran mempercepat atau mempermudah proses pelayanan di RSHS atau mendaftar rawat jalan maupun rawat inap dari orang tidak bertanggungjawab, apalagi yang meminta sejumlah uang.

RSHS tidak pernah meminta pembayaran melalui telepon atau dari perorangan. Semua pembayaran dilakukan di loket bank mandiri yang berada di area pelayanan RSHS.

Hendaknya pasien atau keluarga melakukan semua proses pelayanan sesuai prosedur berlaku, bertanya kepada petugas rumah sakit atau petugas informasi bila ada proses atau prosedur tidak dimengerti, jangan kepada orang lain yang belum tentu mengerti permasalahan.

Gunakan fasilitas Contact Center (022-2551111) untuk melakukan pendaftaran rawat jalan (reservasi bagi pasien lama), mendapatkan informasi dan menyampaikan keluhan atau saran.

Gunakan aplikasi 'RSHS Go'. Aplikasi dapat diunduh di playstore telepon pintar masing-masing, gunakan untuk pendaftaran pasien rawat jalan. Pasien atau keluarga mendaftar langsung ke Admission Center untuk reservasi rawat inap.

Jika masyarakat menemukan atau mencurigai adanya tindak percaloan atau pungli segera laporkan kepada tim pencegahan pungli atau calo RSHS dengan menghubungi (022) 2551111 atau sms hotline 08112335555, adapun apabila terjadi percaloan pada saat sedang menjalani pelayanan di RSHS, harap segera melaporkan ke petugas keamanan terdekat.

Kredit

Bagikan