Pemprov Jabar sediakan 60 bus buat mudik gratis tahun ini

user
Mohammad Taufik 09 Juni 2017, 13:03 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pemprov Jabar menyediakan 60 unit bus gratis untuk mudik Lebaran 2017. Bus tersebut disediakan untuk meminimalisir masyarakat yang hendak‎ mudik menggunakan sepeda motor.

‎‎"Kita ada program mudik gratis. Ada 60 bus disiapkan yang memang pasarnya pemudik menggunakan roda dua," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jabar Dedi Taufik di Bandung, Jumat (9/6).

Dia menyebut, mudik menggunakan sepeda motor memiliki tingkat kerawanan kecelakaan cukup tinggi. Oleh karena itu, dengan disediakannya bus bagi pemudik, masyarakat yang hendak menggunakan sepeda motor bisa mengalihkan ke bus.

Dia menambahkan, bus gratis tersebut akan berangkat dari tiga titik di wilayah Jabar yakni di Bandung, Bekasi, dan Sukabumi. Bus tersebut nanti akan bertolak ke arah Jawa seperti tujuan Semarang, Yogyakarta dan Solo.

"Jadi nanti orang naik bus saja, kalau dia bawa motor bisa diangkut ke truk atau kereta api," katanya.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Anton Charliyan sebelumnya mengimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor saat mudik Lebaran 2017. Anton menyebut warganya untuk bisa menggunakan fasilitas yang disediakan pemerintah. Sebab mudik menggunakan sepeda motor lebih memiliki resiko tinggi.

"Saya imbau istilahnya kalau perlu tidak usah, karena ada kendaraan-kendaraan lain yang gratis," katanya.

Kredit

Bagikan