Nama Menteri Susi muncul sebagai cagub Jabar di survei Indo Barometer

user
Mohammad Taufik 23 Maret 2017, 14:56 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Nama Susi Pudjiastuti tiba-tiba muncul dalam survei Indo Barometer. Menteri Perikanan dan Kelautan itu masuk dalam survei simulasi 14 nama calon gubernur (cagub) Jawa Barat 2018 mendatang.

Nama Susi muncul beserta 13 nama lain yang memang sebelumnya digadang-gadang sebagai pengganti Ahmad Heryawan. Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan sendiri diketahui akan habis masa jabatannya pada 2018 mendatang setelah dua tahun memimpin Jabar.

"Jika pemilihan gubernur dilakukan hari ini, nama Susi itu ternyata ada. Yakni dengan persentase keterpilihan hanya 1,5 persen," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari dalam pemaparannya di Hotel Savoy Homan, Kota Bandung, Kamis (23/3).

Posisi Susi ada diperingkat ke delapan atau jauh dari urutan pertama yang bertengger nama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Dalam survei tersebut keterpilihan Ridwan Kamil paling tinggi dengan 22 persen, disusul Deddy Mizwar 14,1 persen, Dede Yusuf Macan Efendi 11,8 persen, Dedi Mulyadi 7,3 persen, Rieke Diah Pitaloka 2,4 persen, Desy Ratnasari 1,8 persen, UU Ruzhanul Ulum 1,5 persen, kemudian Susi 1,5 persen, lalu ada Bima Arya 1,4 persen, Tubagus Hasanuddin 0,6 persen, Netty Prasetyani Heryawan 0,3 persen, Nurul Arifin 0,1 persen, Maman Imanul Haq 0,1 persen.

"Sementara tidak memilih 0,5 persen, rahasia satu persen, belum memutuskan 30,3 persen dan tidak tahu atau tidak menjawab 3,3 persen," ujarnya.

Indo Barometer dalam survei mengambil jumlah sampel 800 responden dengan margin of error sebesar 3,46 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Adapun metode yang dilakukan yakni multistage random sampling. Pengumpulan data yang dilakukan pada 27 Februari - 7 Maret itu menggunakan teknik wawancara tatap muka responden dengan menyodorkan kuesioner.

Kredit

Bagikan