Mau angkut motor gratis saat lebaran? Begini caranya

user
Muhammad Hasits 21 Februari 2017, 11:59 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Menjelang persiapan pelaksanaan Angkutan Lebaran tahun 2017, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian kembali menyelenggarakan pengangkutan Motor Gratis (Motis) bagi pemudik pada lebaran tahun 2017. Namun khusus tahun ini pengangkutan Motis hanya menggunakan keret api.

Manager Humas PT KAI (Persero) Daop 2 Bandung, Joni Martinus mengungkapkan, berdasarkan rilis dari Kemenhub, waktu pelaksanaan Motis tahun 2017 dibagi menjadi dua tahapan yaitu, masa pendaftaran peserta motis yakni pendaftaran secara online melalui situs mudikgratis.dephub.go.id yang dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2007 sampai dengan 14 Juni 2017.

"Pendaftaran langsung pada stasiun yang ditunjuk pada tanggal 16 Februari 2017 sampai dengan 16 April 2017. Pada tahapan ini, para peserta motis 2017 akan difasilitasi untuk dapat memesan tiket kereta api penumpang baik itu KA Ekonomi PSO, KA Ekonomi Non PSO, atau KA Tambahan sampai hari ke-30 penjualan KA Tambahan," ujar Joni dari rilis yang diterima Merdeka Bandung, Selasa (21/2).

Adapun untuk pendaftaran langsung yang tidak difasilitasi pemesanan tiket pada stasiun yang ditunjuk, dilaksanakan pada 17 April sampai dengan 5 Juli 2017. Sedangkan pendaftaran langsung untuk arus balik pada stasiun persinggahan KA Motis dilaksanakan pada 16 Mei sampai dengan 5 Juli 2017.

"Kemudian Masa Pengangkutan Motor Peserta Motis, yakni arus mudik dilaksanakan selama enam hari dimulai tanggal 18 Juni sampai dengan 23 Juni 2017. Arus Balik dilaksanakan selama tujuh hari dimulai tanggal 29 Juni sampai dengan 5 Juli 2017," jelasnya.

Untuk syarat dan ketentuan berlaku mengikuti motis adalah pendaftar harus memiliki SIM C dan hanya dapat mendaftarkan satu unit motor, dan dapat difasilitasi pembelian tiket KA selama alokasi masih tersedia untuk dua orang dewasa ditambah satu anak berusia maksimal 11 tahun, atau dua orang dewasa ditambah dua anak berusia maksimal tiga tahun.

Lalu bukti pendaftaran ini dibawa pada saat registrasi ulang dan saat penyerahan sepeda motor, bagi para peserta yang mendaftar secara online, apabila dalam waktu 2 x 24 jam setelah menerima bukti pendaftaran tidak melakukan registrasi ulang di lokasi yang ditunjuk, maka data yang didaftarkan akan terhapus secara otomatis oleh sistem dan kode booking tidak dapat digunakan kembali.

"Kemudian pemberangkatan sepeda motor, satu hari lebih awal dari tanggal keberangkatan Peserta Motis 2017 yang terdapat di tiket yang dimiliki dan dibeli oleh Peserta Motis 2017, serta tiket yang dimiliki Peserta Motis, bisa berupa tiket KA, tiket bus, ataupun tiket travel," jelasnya.

Untuk bisa mendaftar Motis 2017, harus bisa menunjukkan tiket KA, Bus ataupun Travel atas nama Peserta Motis 2017. Tanpa menunjukkan bukti tiket tersebut, peserta tidak bisa mendaftar motis 2017, dan semua peserta Motis 2017 dengan moda KA, harus mendaftarkan diri secara online. Pendaftaran secara online bisa dilakukan di Rumah atau di Stasiun yang ditunjuk.

Bagi calon peserta Motis 2017 yang mendaftar lebih awal akan dibantu oleh panitia untuk pembelian tiket KA kelas ekonomi sepanjang persediaan tiket KA yang dialokasikan oleh PT KAI (Persero) masih tersedia, serta sepeda motor diserahkan H-1 atau satu hari sebelum tanggal keberangkatan penumpang.

"Sepeda motor diserahkan langsung ke Stasiun yang ditunjuk pukul 08.00 – 18.00 WIB, dan pada saat pendaftaran dan penyerahan motor wajib menunjukkan KTP asli pendaftar, Kartu Keluarga Asli, STNK Asli yaitu nama di STNK boleh berbeda dengan nama di KTP dan menandatangani bukti pengiriman. BBM dikosongkan, Spion dilepas dan di bawa sendiri Peserta Motis 2017," terang dia.

Kredit

Bagikan