250 dokter umum ikuti kegiatan PIT PDUI Jabar 2016

user
Farah Fuadona 11 Desember 2016, 15:19 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Tingkatkan kompetensi para dokter umum di Indonesia, Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Cabang Jawa Barat untuk pertama kalinya menggelar Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha. Acara ini diikuti oleh 250 dokter umum dari berbagai daerah.

Acara yang diselenggarakan selama tiga hari hingga Minggu (11/12) ini merupakan hasil kerja sama antara PDUI Cabang Jabar, Universitas Kristen Maranatha dan Safir Inspira Indonesia sebagai event organizer.

Mengangkat tema "Enforcement Global Health Challenges: Professions, Clinical and Medical Care Improvement", tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah meningkatkan dan mengembangkan kompetensi dokter umum dalam menjalankan perannya sebagai "The Healer, Leader, and Agent of Change" pada layanan primer di masyarakat.

Sekretaris Umum PDUI Cabang Jawa Barat, dr. Eka Sinatria menjelaskan, dengan semakin berkembangnya ilmu kedokteran dan makin tingginya tuntutan masyarakat terhadap peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di layanan primer. Maka PDUI Cabang Jawa Barat berusaha meningkatkan pengetahuan para sejawat dokter umum dengan menyelenggarakan kegiatan tersebut.

"Pada PIT yang diikuti oleh 250 dokter umum ini dibagi menjadi dua bagian diantaranya simposium yang meliputi bagian penyakit dalam, anak, bedah, kandungan, mata, saraf, THT, kulit, kedokteran olahraga, gizi dan etik. Kegiatan juga ditambah dua workshop yaitu visum et repertum dan vaksinasi," ujar Eka kepada Merdeka Bandung, Minggu (11/12).

Eka menjabarkan, PDUI Cabang Jawa Barat bekerja sama dengan empat fakultas kedokteran di Bandung yakni Universitas Kristen Maranatha, Universitas Padjajaran, Universitas Jendral Achmad Yani dan Universitas Islam Bandung, serta instansi terkait seperti PT Biofarma (Persero), Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) kota bandung, Ikatan Dokter Indonesia wilayah Jabar, RSUP Hasan Sadikin, RS mata cicendo, RSGM Maranatha dan Padma.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Kedokteran Maranatha sekaligus Direktur Utama PT Unggul Karya Medika (UKM) yang menaungi Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Maranatha, dr. Lusiana Darsono M.Kes menjelaskan, PIT yang diselenggarakan oleh PDUI Cabang Jabar ini merupakan kegiatan yang sangat penting mengingat kedokteran merupakan ilmu yang harus dipelajari sepanjang hayat.

"Kegiatan ini sangat penting untuk tambahan ilmu sebagai pendidikan berkelanjutan. Tidak hanya dokter umum berbagai daerah di Indonesia yang mengikuti kegiatan ini, para staf mengajar di Universitas Kristen Maranatha sendiri turut dilibatkan sebagai upaya meningkatkan kompetensinya," ujar Lusi.

Sementara itu, Ketua Panitia PIT PDUI Jabar 2016, dr. Dani M.Kes memaparkan, kegiatan yang bermanfaat ini rencananya akan diselenggarakan setiap tahun. Dengan melibatkan lebih banyak lagi dokter umum dari berbagai daerah di Indonesia. Pihaknya akan terus meningkatkan kualitas dan pelayanan dalam kegiatan tersebut.

"PDUI Cabang Jabar berkomitmen memberikan pendidikan berkelanjutan bagi anggotanya dengan cara memfasilitasi. PDUI ingin menjadikan ini acara rutin tahunan dengan melibatkan seluruh dokter umum, khususnya di Jabar dengan menggandeng seluruh fakultas kedokteran yang ada di jabar," kata Dani.

Kredit

Bagikan