Lima atlet muda baseball Kota Bandung akan berlaga di China

user
Mohammad Taufik 05 Desember 2016, 19:01 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Lima atlet usia dini asal Kota Bandung akan mewakili Indonesia dalam pertandingan The 9th U12 Asian Baseball Championship 2016 di Kota Zhongshan, Provinsi Guangdong, China. Mereka dipilih setelah mewakili Jawa Barat memenangkan Kejuaraan Nasional Junior Baseball U12 di Jakarta pada Februari lalu.

Sebanyak 30 orang tim dari Indonesia akan berangkat pada 7 Desember 2016. Mereka terdiri dari 15 peserta dengan perincian 5 orang dari Jawa Barat dan 10 orang dari DKI Jakarta. Selebihnya adalah Head of Delegates, manager, umpire, pelatih, dan pendamping. Pertandingan akan dilakukan pada 9-13 Desember mendatang.

Sebelum berangkat, para peserta mendapatkan arahan dan nasihat dari Wali Kota Bandung Ridwan Kamil agar dapat meraih juara di pertandingan nanti. Mereka diterima wali kota di Pendopo Kota Bandung, Senin (5/12).

"Jangan takut. Mereka sama saja dengan kamu, sama-sama makan nasi, makan pizza. Musuhmu itu bukan mereka, musuhmu adalah dirimu sendiri. Taklukkan itu," ujar Ridwan dalam rilis yang diterima Merdeka Bandung.

Ia juga menekankan agar selain menjaga fisik, kunci kesuksesan juga terletak pada kemampuan mengelola pikiran. "Fisik mah gimana pikir. Kalau kamu pikir kuat, pasti kuat. Kalau kamu pikir seadanya, ya seadanya," katanya.

Emil lantas mendoakan agar tim yang berangkat ke China ini mendapatkan hasil maksimal. "Karena ini membela tanah air, saya kira bisa sampai ke Tiongkok saja sudah jadi pahlawan. Mudah-mudahan nanti di sana bisa berprestasi," kata pria berkacamata ini.

Sementara itu, Manajer Tim Linda Mahdis, menjelaskan pada kejuaraan nasional ini kelima anak tersebut berhasil mendapatkan penghargaan, yaitu Best Pitcher, Best Slugger, Most Valuable Player, Best Hitter, dan Best Run Batted In (RBI). "Dari lima penghargaan, lima-limanya dari Jawa Barat," kata Linda.

Dia mengatakan, kelima atlet muda Kota Bandung itu setiap minggu rutin berlatih di UPI di bawah asuhan Club Rusa Hitam. Mereka bersekolah di SMPN 2 Bandung, SMPN 7 Bandung, SMP Al Azhar, SMP Pelita Nusantara dan SD Gagas Ceria.

Di Zhongshan nanti, tim Indonesia akan berhadapan dengan 8 negara lain, yaitu Jepang, Korea Selatan, Mongolia, India, Pakistan, Taiwan dan Hong Kong. Zhongsang sendiri merupakan pusat perkembangan olahraga Baseball di Tiongkok. Kota ini telah mengembangkan 20 tim baseball dan melatih 500 lebih pemain muda.

Kredit

Bagikan