Mau lihat budaya Sumatera Barat? Datang saja ke Cikapundung Riverspot

user
Muhammad Hasits 25 November 2016, 15:12 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sebagai upaya untuk mempromosikan potensi unggulan Sumatera Barat, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggelar acara 'Sumatera Barat Expo 2016' di Kota Bandung. Acara mengangkat tema 'West Sumatera: Unique In Diversity' ini menitikberatkan kepada keunikan dan potensi unggulan yang merupakan persembahan dari Provinsi Sumatera Barat kepada lndonesia dan juga kepada dunia.

Kegiatan yang berlangsung dari 24-27 November 2016 ini akan digelar di Cikapundung River Spot Bandung.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, tujuan diadakan kegiatan ini adalah sebagai upaya mempromosikan potensi unggulan Sumatera Barat yang terdiri dari 3 sektor yaitu pariwisata, investasi, perdagangan dan UMKM. Dari ketiga sektor ini diharapkan dapat memperluas pasar dan juga meraih calon investor dan mitra bisnis untuk kemajuan Provinsi Sumatera Barat.

"Kami ingin memperkenalkan budaya Sumatera Barat ke masyatakat dengan cara mendekatkan diri. Di Bandung kita gelar untuk warga Bandung warga Jabar, tidak hanya untuk orang minang," ujar Irwan asaat membuka acara Sumatera Barat Expo  di Hotel Grand Preanger, Kamis (24/11) malam

Menurut Irwan, Kota Bandung dipilih sebagai pelaksanaan Sumatera Barat Expo tahun 2016, karena dari sisi UMKM Bandung terkenal sebagai salah satu pusatnya inovasi dan kualitas yang tinggi di Indonesia. Selain itu dari sisi wisatawan domestik, Bandung memiliki potensi yang tinggi untuk dapat bekerja sama dan menjalin networking dengan peserta & Sumatera Barat Expo nantinya.

"Sehingga diharapkan akan terjadi hubungan simbiosis mutualisme dengan pasar Sumatera Barat," katanya

Sementara itu, Ketua Panitia acara  Luhur Budianda menambahkan, acara Sumatera Barat Expo merupakan event tahunan yang sudah berjalan sejak tahun 2011. Pada tahun 2011-2013 kegiatan ini dilaksanakan di Jakarta. Kegiatan berlanjut pada 2014 yang digelar di Bali dan pada tahun ini acara digelar di Bandung.

Adapun peserta expo ini terdiri dari dinas terkait provinsi Sumatera Barat yaitu dinas pariwisata, dinas perindustrian dan perekonomian, dinas perkebunan dan peternakan. kelautan, dan sebagainya. Selain itu  terdapat Kabupaten Kota se Sumatera Barat. BUMN,  BUMD dan Mitra Binaan, ASlTA dan ASATl Sumatera Barat. PHRl Sumatera Barat. swasta, masyarakat dan pedagang kuliner dari Sumatera Barat.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini menjadi suatu nilai postif untuk kita ke depan," ucap pria yang juga Kepala Kantor Penghubung Sumatera Barat di Jakata ini.

Kredit

Bagikan