Bandung jadi tuan rumah meeting conference penyiaran internasional

user
Muhammad Hasits 21 November 2016, 14:20 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kota Bandung akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan meeting conference penyiaran internasional yang akan digelar pada Februari 2017 mendatang. Acara rencananya akan diikuti oleh lembaga penyiaran dan media dari seluruh dunia.

Ketua KPI Pusat Darwis Yuliandre Darwis telah melakukan pertemuan dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum Senin (21/11).

Darwis menuturkan, meeting conference ini rencananya akan digelar pada tanggal 22-24 Februari 2017. Kota Bandung dipilih sebagai tuan rumah, karena kota ini mempunyai banyak destinasi tempat yang antik dan bangunan heritage yang sering dikunjungi oleh masyarakat.

"Sebelumnya ada 3 opsi terselenggaranya acara tersebut. Antara lain Jakarta, Bandung dan Bali. Setelah diputuskan kami memilih kota Bandung," ujar Darwis.

Yuliandre mengatakan, dalam pertemuan tersebut akan membahas berbagai isu. Salah isu yang akan dibahas yakni terkait isi siaran yang bernada provokasi.

"Umumnya isu seperti itu menghasilkan ratting yang besar. Sehingga kami akan membahas mencari jalan keluar dari para media," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, sebagai sumber informasi, media memberikan pengaruh besar bagi masyarakat. Sebagai Wali Kota, dia mengaku ikut mengamati media, terutama media digital tidak terkontrol. Hal ini ditandai dengan adanya isu negatif selalu bermunculan

"Memang media ini bisa membawa damai dan panas, apalagi konteks hari ini di Indonesia yang cukup beragam. Saya pikir di zaman modern ini makin damai, ternyata tidak, phobia naik, perdamaian kurang. Artinya mau dunia sepintar apapun ternyata informasi ini sesuatu yang harus dicari relevansi baru," katanya.

Maka dari itu, kata dia, harus adanya penanaman moral sejak dini. Dia berharap KPI sebagai regulator dapat menjadi filter untuk menyaring  konten konten penyiaran, sehingga bisa memberikan edukasi yang relevan kepada khalayak.  

"Mudah mudahan dengan silaturahim ini kita bisa sharing. Khusus untuk acara Meeting Conference di bulan Februari Insya Allah saya bantu,"pungkasnya.

Kredit

Bagikan