Pertama kalinya, festival desain produk berskala internasional digelar

user
Muhammad Hasits 11 November 2016, 09:42 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Menjadi sebuah kehormatan dan kebanggaan karena Bandung menjadi tempat penyelenggaraan untuk hajatan pertama kalinya sebuah festival desain produk pertama di Indonesia yang berskala internasional.

Bertitle Indesignation 2016, kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII) bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang didukung oleh Pemerintah Kota Bandung.

Gudang Persediaan Cikudapateuh PT KAI menjadi tempat dipilihnya acara yang berlangsung pada Jumat (11/11) hingga Minggu (13/11). Ketua ADPII, Adhi Nugroho menjelaskan, hajatan akbar berskala internasional ini memiliki tujuan sebagai ajang promo kedudukan dan peran desain atau produk bagi pengembangan masyarakat dan budaya Indonesia.

Kegiatan ini juga, lanjutnya, merupakan bentuk partisipasi aktif ADPII seiring momen penobatan Bandung menjadi jejaring kota kreatif di bidang desain oleh UNESCO pada 2015.  "Bisa menjadi tuan rumah di negaranya sendiri bagi desain produk kebanggaan Indonesia tentu merupakan sebuah kebanggan. Ini merupakan suatu keniscayaan menuju desain produk Indonesia yang mendunia," ujar Adhi kepada Merdeka Bandung saat ditemui dalam acara Indesignation 2016, Jumat (11/11).

Adhi berharap, hajatan ini tak hanya menjadi sebuah ajang festival yang dikenang oleh sebagian kalangan. Namun juga bisa memberikan dampak positif khususnya bagi desain produk Indonesia. Ia berharap ke depannya design, produce, and use by Indonesia.

ADPII sendiri yang secara resmi dideklarasikan pada 2014 silam selalu berupaya mengakomodir irisan kepentingan antar sesama desainer produk, dan mengusung cita-cita bersama, yaitu mewujudkan kemandirian bangsa melalui Desain Produk Indonesia.

Adhi menjabarkan, selama ini Indonesia belum pernah menggelar konferensi tingkat internasional yang membahas soal desain produk, Dalam kegiatan ini, pihaknya menggabungkan konferensi dengan pameran khusus desain produk yang menaungi aspek desain produk Indonesia.

Kredit

Bagikan