800 Tunanetra di Bandung dan Cimahi terima Al-quran braille digital

user
Muhammad Hasits 26 Oktober 2016, 14:14 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sebanyak 800 tunanetra yang ada di Bandung dan Cimahi menerima Al Quran braille digital dari Yayasan Quran Braille Digital yang dipimpin oleh Syekh Ali Jaber. Pemberian Al Quran tersebut dilakukan secara simbolis dalam Kegiatan Gerakan Nasional Wakaf Quran Braille Digital untuk Tunanetra di Pussen Arhanud, Cimahi, Rabu (26/10).

Pembagian Al quran braille digital kepada kaum tunanetra ini merupakan bagian dari kegiatan "Wakaf Sejuta Quran Braille Digital" yang sudah diselenggarakan sejak 2014 silam. Hingga saat ini, Al-quran yang sudah dibagikan jumlahnya mencapai sekitar 4 ribu dengan wilayah sebaran seluruh Indonesia.

"Kami sudah berikan 800 Quran Braille Digital tunanetra khusus di Bandung dan Cimahi. Kami akan terus melanjutkan secara bertahap, sesuai kemampuan yang dimiliki," ujar  Syekh kepada Merdeka Bandung saat ditemui dalam acara Kegiatan Gerakan Nasional Wakaf Quran Braille Digital untuk Tunanetra, di Pussen Arhanud, Cimahi, Rabu (26/10).

Syekh menjelaskan, jumlah tunanetra yang berdomisili di Bandung dan Cimahi mencapai lebih 8.000 tunanetra. Angka tersebut belum masuk bagian wilayah Jawa Barat lainnya. Adapun jumlah keseluruhan tunanetra di Indonesia menurut data tercatat 1.000.800 orang.

Pihaknya optimis dengan angka satu juta wakaf Alquran yang menjadi programnya akan tercapai pada 2017 mendatang. Untuk itu, Yayasan Quran Braille Digital berupaya untuk terus mengajak berbagai lini massa untuk turut menyukseskan program yang berpengaruh positif pada hajat hidup orang banyak.

"Alhamdulillah, perhatian masyarkat muslim dan unsur pemerintah sudah bagus. Mereka menzakatkan rezeki untuk kelancaran Gerakan Nasional Wakaf Quran Braille ini. Mengenai pembiayaan wakaf Quran braille digital, dilakukan secara alami sesuai kemampuan yang dimiliki," jelasnya.

Lebih lanjut, ke depannya ia akan mengumpulkan 30 ribu tunanetra yang akan diberikan Quran braille digital. Dan rencananya mengundang Presiden Joko Widodo, seluruh yayasan, para donatur, Kerajaan Arab Saudi, Emirat dan negara lainnya.

"Insya Allah akan kami kumpulkan 30 ribu tunanetra dan akan diberikan 30 ribu Quran braille digital dan akan kami undang Presiden RI Joko Widodo, para donatur, kerajaan Arab Saudi dan negara lainnya, rencananya beberapa bulan ke depan," paparnya.

Kredit

Bagikan